Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kian Populer, Rumah Cetak 3D dari Beton Asli Dibangun di Oman

KOMPAS.com – Proyek dari Universitas Teknologi Jerman GUTech di Muscat, Oman, hadirkan rumah cetak 3D yang dibangun dari beton asli.

GUTech bekerja sama dengan produsen printer 3D Denmark COBOD dan perusahaan semen Meksiko Cemex untuk mengembangkan solusi beton yang disebut D.fab, dilansir dari The Constructor, Kamis (3/2/2022).

Beton ini terbuat dari semen, pasir dan kerikil yang tersedia secara lokal untuk mencetak bangunan.

Solusi material ini telah diterapkan sebelumnya untuk pembangunan gedung cetak 3D di Angola.

Selain itu, beton tersebut dikatakan berbeda dari bahan bangunan rumah cetak 3D biasanya yang terbuat dari mortar campuran kering tradisional.

Adapun rumah cetak 3D itu memiliki luas 195 meter persegi dengan tiga kamar tidur, tiga kamar mandi, ruang tamu, dapur dan ruang tamu.

Pembangunannya terbagi menjadi dua tahapan. Tahap pertama adalah pelatihan kru bangunan untuk menyesuaikan komposisi bahan bangunan dan tahap kedua adalah proses pembangunan yang memakan lima hari pengerjaan.

Proyek ini juga dianggap sebagai capaian besar bagi Oman karena pengembangan teknologi cetak 3D pada konstuksi terbukti lebih menghemat waktu, memangkas biaya tenaga kerja dan juga menghasilkan lebih sedikit polusi.

Tidah hanya itu, proyek rumah cetak 3D tersebut memanfaatkan sekitar 99,5 persen bahan lokal dan hanya menggunakan sekitar 0,5 persen bahan dari Eropa.

Artinya, pembangunan tersebut berhasil menurunkan biaya proyek menjadi kurang dari Rp 26 juta.

Lebih lanjut, proyek ini diketahui telah diresmikan dalam sebuah acara pada bulan Demsember 2021.

Pihak terkait mengatakan, ini merupakan langkah kecil untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang terdiversifikasi di 2024 dan tentu lebih berkelanjutan.

Karenanya, pendiri dan manajer umum COBOD Hendrik Lund-Nielsen turut mendesak berbagai produsen semen dan beton untuk membuat solusi beton asli dari bahan lokal untuk aplikasi masal.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/04/092737721/kian-populer-rumah-cetak-3d-dari-beton-asli-dibangun-di-oman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke