Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Kolam Renang Rumah Selalu Bersih

Agar kolam renang selalu tampak indah, maka Anda harus rajin membersihkannya karena dengan menggunakan klorin atau bahan pembersih lainnya tidak cukup efektif.

Karena dinding kolam selaku basah, dinding kolam renang Anda rentan ditumbuhi lumut. Belum lagi kotoran yang masuk ke dalam area kolam membuatnya tampak kotor.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan agar kolam renang di rumah modern minimalis bisa tetap bersih dan terawat.

1. Miliki peralatan pembersih

Setelah memiliki kolam renang, pastikan pastikan Anda memiliki semua alat pembersih yang diperlukan. Mulai dari jaring, sikat kolam, hingga vaccum.

Untuk jenis sikat, pilihlah sesuai dengan material dinding kolam renang. Misalnya untuk dinding kolam dari beton yang tidak dicat, Anda dapat menggunakan sikat dari bahan stainless steel.

Sementara untuk kolam renang yang dindingnya terbuat dari fiberglass, Vinyl, atau tembok yang dicat, gunakan sikal Gunakan sikat dengan bulu nilon saja.

2. Tetapkan Jadwal Rutin Pembersihan

Mencegah kolam renang terlalu kotor adalah jalan terbaik untuk perawatan. Karena itu, pastika Anda memilih jadwal pembersihkan kolam secara rutin.

Sikat area dinding, tangga, dan sudut kolam Anda minimal dua kali seminggu. Pastikan Anda melakukan pembersihan hingga ke setiap sudut dan celah yang bida ditumbuhi alga.

Sementara untuk mengangkat kotoran berupa daun atau debu, harus dilakukan setiap hariIni lebih baik daripada Anda harus membersihkan kotoran yang menumpuk di dalam kolam renang dalam kurun waktu tertentu.

3. Filter Kolam Renang

Meskipun Anda menyikat atau melakukan vakum kolam renang Anda secara rutin, namun ketika filter kolam Anda kotor, maka air pun akan ikut kotor.

Metode yang bisa gunakan untuk membersihkan filter kolam sangat beragam. Mulai dari filter DE , filter kartrid , atau filter pasir. Anda bisa memilih filter sesuai dengan kegunaan dan dana yang dimiliki.

Selain membersihkan isi kolam renang, jangan lupa bersihkan bagian dek kolam. Karena kerap terpapar air, bagian dek bisa menjadi lebih licin dan kotor.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/15/150000321/tips-agar-kolam-renang-rumah-selalu-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke