Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Pagar Rumah dari Batu Bata, Ini Kelebihannya!

Banyak material yang bisa Anda gunakan, mulai dari kayu, besi hingga bata. Pemnafaatan batu bata untuk dijadikan pagar cukup populer di luar negeri.

Bila Anda ingin membuat pagar hunian Anda dari material batu bata, berikut beberapa kelebihannya dibanding material lain.

1. Mudah disesuaikan dengan desain pagar

Material batu bata sangat serbaguna dan memungkinkan Anda memasukkan material lain atau elemen tambahan lainnya pada desain pagar. Misalnya besi, aluminium bahkan balok kayu. 

Ada berbagai macam warna dan ukuran batu bata yang tersedia di pasaran sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan pola desain pagar yang diinginkan.

2. Kuat dan tahan lama

Keuntungan selanjutnya dari pagar batu bata adalah kuat dan tahan lama. Ini memungkinkan Anda tak perlu melakukan perbaikan pagar lebih sering.

Namun pastikan Anda melapisis pagar dengan cat tahan air sehingga pagar lebih tahan lama dan tidak mudah ditumbuhi jamur.

3. Bagus untuk privasi dan isolasi suara

Ada dua jenis pagar bata. Tipe pertama memungkinkan visibilitas melalui pilar bata yang dihubungkan dengan panel besi atau kayu agar terlihat seperti pagar tradisional.

Tipe pagar kedua adalah dinding bata kecil, juga dikenal sebagai pagar bata tertutup sehingga tidak memiliki celah atau variasi.

Pagar bata tertutup sangat ideal untuk privasi karena memisahkan interior dari lingkungan luas secara utuh.

Pagar ini juga bisa meredam kebisingan secara efektif dan sangat bermanfaat bagi yang rumahnya berlokasi di tepi jalan ramai.

4. Material ramah lingkungan

Proses pembuatan batu bata ramah lingkungan sehingga menghasilkan emisi karbon rendah serta harganya pun relatif murah.

Pagar dari batu bata juga sangat hemat ketiika Anda hendak menghancurkannya dan mengganti pagar dengan material lain.

Karena dapat berumur panjang dan mudah dirawat, pagar batu bata banyak digunakan untuk proyek-proyek berkelanjutan terutama untuk pada konstruksi komersial yang ingin menerapkan konsep green building.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/13/140055221/bikin-pagar-rumah-dari-batu-bata-ini-kelebihannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke