Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MRT Jakarta Raih Penghargaan Layanan Berbasis Teknologi

MRT Jakarta berhasil mendapatkan peringkat pertama untuk kategori Technology Based-Services dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Business Digest.

Tahapan proses penjurian diikuti oleh MRT Jakarta dengan memaparkan sejumlah strategi bisnis dan pelayanan yang dijalankan, khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

Di antaranya penerapan Protokol BANGKIT, pembayaran non-tunai, strategi Customer Relation Management (CRM), dan integrasi transportasi.

“Terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang telah diberikan kepada MRT Jakarta. Pelayanan yang telah kami lakukan selama pandemi ini adalah bagian dari grand design yang memang ingin kita aplikasikan di MRT Jakarta," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (7/9/2021). 

Pandemi Covid-19 membuat implementasi teknologi dan tranformasi digital pelayanan MRT Jakarta jauh lebih cepat dari yang direncanakan.  

Dalam survei yang dilakukan oleh Majalah SWA dan Business Digest, MRT Jakarta juga berhasil mendapatkan predikat excellent dengan skor tertinggi sebagai layanan transportasi publik yang berkualitas.

Survei dilakukan kepada 5.000 responden yang merupakan pelanggan kategori jasa dan layanan yang tersebar di enam kota besar, yaitu Medan, Bandung, Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Predikat excellent yang berhasil diraih oleh MRT Jakarta atas penilaian berdasarkan lima parameter utama Service Quality, yakni Realibility, Assurance, Tangible, Emphaty, dan Responsive.

Sebagai informasi, sebelumnya MRT Jakarta membukukan angka ridership sebanyak 87.000 penumpang per hari di tahun 2019. Kemudian, pada tahun 2020, angka ridership turun 68 persen menjadi 27.000.

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat mengurangi mobilisasi serta membuat turunnya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/09/07/120000821/mrt-jakarta-raih-penghargaan-layanan-berbasis-teknologi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke