Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasca-kebakaran Maut Pabrik Makanan, Bangladesh Evaluasi Keselamatan Tempat Kerja

Insiden kebakaran pabrik pengolahan makanan milik Sajeeb Group di distrik Narayanganj  pada 8 Juli lalu, itu menelan lebih dari 50 pekerja tewas, 20 lainnya terluka. 

Pabrik ini membuat produk yang dijual di bawah merek Sajeeb Group. Namun terdapat beberapa label lain yang juga mereka produksi termasuk merek jus Pakistan yang populer Shezan dan selai cokelat Nocilla.

Seperti dikutip dari Nikkei Asia, setelah kebakaran, otoritas keselamatan gedung mengatakan pintu keluar darurat dalam pabrik tersebut tidak memadai dan kurangnya perencanaan untuk keadaan darurat kebakaran.

"Pabrik diberikan aturan keselamatan kebakaran dari Oktober lalu, tetapi sampai sekarang mereka belum menerapkan satu persen dari pekerjaan itu," ujar direktur Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertahanan Sipil Bangladesh, Zillur Rahman.

Pihak berwenang juga melihat pelanggaran lainnya yakni adanya sejumlah pekerja anak di pabrik ketika kebakaran terjadi, beberapa di antaranya meninggal.

Sejumlah pemilik dan manajer Sajeeb telah ditangkap sehubungan dengan kebakaran tersebut.

Standar pabrik Bangladesh mendapat kecaman keras setelah insiden Rana Plaza pada April 2013, ketika sebuah bangunan yang menampung lima pabrik pakaian runtuh, menewaskan lebih dari 1.100 pekerja dan melukai beberapa ribu lainnya.

Berbagai pembeli dari Eropa dan Amerika menekan pabrik-pabrik pakaian jadi Bangladesh yang berorientasi ekspor untuk meningkatkan keselamatan kerja dan hak-hak buruh serta membantu memperbaiki kondisi kerja di pabrik-pabrik tersebut.

Namun, para pemimpin buruh di Bangladesh mengatakan tidak banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi di pabrik lain yang memproduksi barang terutama untuk pasar domestik.

Menurut Institut Studi Tenaga Kerja Bangladesh (BILS), sekitar 169 pekerja tewas dalam tiga setengah tahun terakhir dalam 99 insiden kebarakan pabrik.

Sekretaris jenderal Kongres Buruh Bangladesh, Nazma Akter, mengatakan pabrik pakaian jadi Bangladesh telah meningkatkan keselamatan tempat kerja setelah ditekan masyarakat lokak dan internasional.

"Tapi, insiden kebakaran terbaru adalah pengingat bahwa pabrik-pabrik Bangladesh tidak aman. Mereka adalah jebakan maut," ungkap Akter.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/07/27/070000621/pasca-kebakaran-maut-pabrik-makanan-bangladesh-evaluasi-keselamatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke