Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren WFH Bikin Perusahaan Pangkas Sewa Kantor 30 Persen

Bagaimana perusahaan mengubah budaya kerja dan menyesuaikan strategi operasi untuk mempertahankan tujuan perusahaan?

Colliers Internasional Indonesia melaporkan, bentuk area kerja bisa dibuat lebih fleksibel.

Siapa pun dapat memilih bekerja dari luar kantor selama masih sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Head of Office Services of Colliers International Indonesia Bagus Adikusumo menuturkan, efisiensi biaya dan tren bekerja dari rumah kemungkinan besar akan terus terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

Hal pertama yang akan terjadi adalah negosiasi ulang kontrak, dengan kemungkinan adanya pengurangan area dan pembaruan sewa yang lebih awal.

"Salah satu tujuan perusahaan adalah mempertahankan keuntungan dan memastikan keberlanjutan perusahaan," ujar Bagus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/02/2021).

Pada masa yang tidak pasti seperti sekarang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat, sejalan dengan prospek bisnisnya dan sumber daya yang tersedia.

Dengan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, banyak perusahaan yang menyadari bahwa melalui teknologi, bisnis dapat terus beroperasi tanpa mengharuskan semua karyawan  melakukan pelaporan langsung ke kantor.

Realitas ini mengarahkan perusahaan untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan ruang kantor mereka dan hal itu akan memengaruhi keputusan mengenai sewa kantor pada masa mendatang.

Secara umum, saat ini banyak perusahaan yang menghadapi situasi di mana ruang kantornya tidak dimanfaatkan secara maksimal akibat pandemi Covid-19 dan memaksa karyawannya untuk menerapkan strategi bekerja dari rumah.

Ketika masa sewa berakhir, mayoritas penyewa akan memperbarui kontrak mereka dengan memperkecil area hingga 30 persen dan selanjutnya meminta fleksibilitas sewa sebagai cara untuk mengelola risiko.

Head of Project Management Colliers International Indonesia Hendry Sugianto menambahkan, transformasi area kerja tidak hanya berpengaruh pada sewa kantor tetapi juga pengaturan aktivitas kerja.

"Untuk menentukan area kerja baru yang optimal membutuhkan strategi transformasi dengan analisis aktivitas dari berbagai departemen," imbuh dia.

Ruang tertutup vs ruang terbuka

Perubahan tata letak area kerja juga memengaruhi keputusan apakah perusahaan masih perlu mempertahankan ruang tertutup atau ruang terbuka yang lebih efisien.

Seberapa terbuka dan santainya pengaturan ruang kantor tergantung pada budaya perusahaan.

Meskipun beberapa perusahaan memiliki kantor tertutup untuk para eksekutif yang sangat senior atau dewan direksi, pendekatannya telah bergeser menjadi workstation terbuka bagi karyawan yang menghadap ke jendela.

Namun, beberapa perusahaan sebenarnya telah menghilangkan kantor tertutup sepenuhnya untuk meminimalisasi hambatan dan menyediakan komunikasi yang lebih baik antara pemimpin senior dengan anggota timnya.

Ada juga ruang pertemuan terbuka informal yang biasa disebut sebagai area kolabor. Ada juga  yang menyebutnya sebagai norma baru area kerja.

Hal ini memungkinkan pembagian gedung perkantoran menjadi tiga tipe yakni sewa tradisional, ruang kerja bersama yang dikelola sendiri, dan ruang kerja bersama yang dikelola oleh pihak luar.

Norma baru menjadi hal yang relatif, tergantung pada kebutuhan perusahaan, tipe bisnis, strategi dan budaya perusahaan itu sendiri.

Norma baru ini harus sejalan dengan tujuan bisnis yang disiapkan atau tujuan utama jangka panjang.

Area kerja yang ideal harus menyediakan berbagai pengaturan kerja yang berfokus memfasilitasi konsentrasi dan kolaborasi antar karyawan, yang mendukung anggota tim dalam menyelesaikan pekerjaan individu mereka, tetapi juga memungkinkan terjadinya kolaborasi dengan tim atau rekan kerja lainnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/02/24/070000021/tren-wfh-bikin-perusahaan-pangkas-sewa-kantor-30-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke