Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyaluran KPR Syariah Masih Minim, SMF Siap Fasilitasi Pendanaan

Dukungan aktif ini dilakukan untuk mendorong peningkatan volume KPR iB di Indonesia.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan SMF saat ini tengah giat meningkatkan volume penyaluran KPR demi mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Salah satunya adalah dengan menggali potensi BPRS untuk dapat menjadi penyalur pembiayaan perumahan.

“SMF mengajak dan siap bergandengan tangan dengan BPR Syariah di Indonesia dalam penyediaan dana menengah panjang untuk pembiayaan perumahan,” kata Ananta dalam keterangan tertulis, Selasa (09/01/2021).

Ananta memandang industri perbankan syariah di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup baik, kendati dunia perbankan nasional dihadang pandemi sepanjang tahun 2020.

BPRS merupakan bagian dari perbankan syariah nasional yang memilikii jumlah BPR paling banyak dibandingkan dengan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah lainnya.

Berdasarkan data OJK, hingga saat ini setidaknya terdapat lebih dari 160 BPRS di Indonesia.

“Jumlah BPRS yang banyak ini jelas merupakan sebuah potensi. Artinya BPRS memiliki aksesbilitas lebih besar untuk menjangkau masyarakat lebih jauh," jelasnya.

Meski demikian, Ananta mengaku hingga saat ini masih sedikit BPRS melakukan penyaluran pembiayaan KPR IB.

Padahal, sektor perumahan dan properti menjadi andalan atau leading sector pemerintah untuk bisa menggerakkan perekonomian yang melemah karena pandemi Covid 19.

Ananta berharap, akan lebih banyak lagi BPRS yang dapat ikut menyalurkan pembiayaan KPR IB, sehingga turut juga membantu proses percepatan PEN.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/02/09/201422121/penyaluran-kpr-syariah-masih-minim-smf-siap-fasilitasi-pendanaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke