Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Tanah Setiap Kunjungan ke Daerah

“Mengapa saya mesti turun bagikan sertifikat. Karena setiap saya masuk ke desa, kampung, keluhan yang masuk ke saya hampir sama, banyak tanah yang belum bersertifikat,” kata Jokowi dalam konferensi pers penyerahan sertifikat tanah secara virtual di Instana Negara, Jakarta, Senin (09/11/2020).

Jokowi menjelaskan, permasalahan tanah kerap menimbulkan sengketa antar-warga maupun antara warga dengan investor swasta.

Jokowi juga mengaku kerap menerima laporan bahwa selama ini pengurusan sertifikat sangat sulit.

"Yang masuk ke saya, ngurus sertifikat tanah itu susahnya minta ampun. Tapi nggak perlu ngomong ke saya, saya pernah ngalamin ngurusnya lama banget. Jadi enggak perlu diceritain pun, saya sudah tahu,” kata Jokowi.

Karenanya, Jokowi langsung memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk melakukan percepatan dan mempermudah pengurusan sertifikat tanah sehingga tak memakan waktu lama.

Dalam pidatonya, Jokowi juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya kepemilikan sertifikat sebagai bukti hak atas tanah.

"Jadi sertifikat ini sangat penting untuk mencegah timbulnya sengketa. Mencegah timbulnya konflik pertanahan. Baik individu dengan individu, atau dengan pemerintah, atau dengan perusahaan (swasta)," tuturnya.

Sertifikat tersebut juga dapat dijadikan sebagai jaminan kredit ke lembaga keuangan dalam mendapatkan pembiayaan atau modal untuk berwirausaha.

https://www.kompas.com/properti/read/2020/11/09/220142221/ini-alasan-jokowi-bagi-bagi-sertifikat-tanah-setiap-kunjungan-ke-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke