Klaim Edukasi dari Tempat Eksploitasi Satwa Liar, Manohara: Eksploitasi untuk Dapat Uang

Kompas.com - 18/04/2021, 19:02 WIB
Manohara Odelia Pinot KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAManohara Odelia Pinot

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Manohara Odelia mengutarakan pendapatnya mengenai klaim edukasi dari tempat eksploitasi satwa liar.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, Manohara menyinggung aksi memberi makan lumba-lumba.

Menurut Manohara, kegiatan tersebut tidak bisa disebut dengan edukasi meski banyak orang yang bertujuan mendidik anak mereka tentang hewan.

Baca juga: Manohara Odelia Tanggapi Permintaan Maaf Lucinta Luna soal Eksploitasi Lumba-lumba

"Edukasi yang diterima anak-anak dari tempat seperti itu hanyalah tidak apa-apa untuk mengeksploitasi satwa untuk mendapatkan uang," tutur Manohara dalam bahasa Inggris dikutip Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Manohara Odelia menegaskan, yang dilakukan Lucinta Luna dalam video yang diduga mengeksploitasi lumba-lumba tidak dapat disebut sebagai edukasi.

"Sekali lagi, ini bukan belajar, bukan edukasi. Kalau ingin tahu jenis kelaminnya tidak harus ke tempat ekspoitasi hewan, ya. Cukup baca buku saja atau searching di Google," kata Manohara.

Baca juga: Dianggap Eksploitasi Lumba-Lumba, Lucinta Luna Dikecam Davina Hingga Susi Pudjiastuti

Artis film sekaligus model itu mengaku kecewa dengan banyaknya tempat wisata yang mengklaim sebagai edukasi hanya untuk mendapat uang dari turis.

"Ini mengecewakan, karena ini sama sekali bukan penyelamatan," ucapnya.

Menurut Manohara, penyelamatan satwa liar seharusnya direhabilitasi sebelum dilepaskan kembali, bukan diajarkan berinteraksi dengan turis.

"Itu bedanya antara pariwisata dan tempat rescue hewan, tujuan mereka bukan mendapat uang dari turis, tapi untuk merehabilitasi hewan supaya bisa dilepasliarkan kembali," ucapnya.

Baca juga: Tanggapan BKSDA soal Video Lucinta Luna Ditarik Lumba-Lumba

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X