Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Hak Cipta Judul Queen of Tears Ternyata Sudah Didaftarkan Sejak 14 Tahun Lalu

Kompas.com - 30/04/2024, 17:45 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com- Punya nuansa drama Korea zaman dulu, banyak orang sempat dibuat heran dengan drama Queen of Tears.

Meski ratingnya tinggi, penonton tetap mengritik drama Queen of Tears.

Banyak yang merasa beberapa kiasan yang digunakan dalam Queen of Tears “jadul."

"QoT benar-benar memberikan nuansa jadul Kdrama karena kita cukup lama tidak pernah punya penjahat yang seperti ini," tulis @hauwa_xo.

"Balas dendam dan makjang. Park Ji Eun apa yang kamu lakukan? Ini alur klise jadul untuk dua episode Kdrama," tulis @fangirl_cassie.

Baca juga: Pamit, Park Sung Hoon Minta Maaf Sudah Buat Penonton Marah Selama Menonton Queen of Tears

"Queen of Tears benar-benar kdrama jadul dengan banyak kiasan. Terlepas dari itu, dari hari pertama keputusan karena akting dan bagaimana drama ini diarahkan, serta KJW dan KSH adalah keputusan terbaik yang mereka buat untuk QoT," tulis @ashiyaktine1.

Sampai akhirnya mereka menemukan fakta bahwa ternyata hak cipta judul drama ini bahkan telah didaftarkan sejak 14 tahun lalu.

Seorang penonton drama ini membagikan di media sosial bukti pendaftaran hak cipta judul Queen of Tears di tahun 2010.

"Seorang penggemar menemukan bahwa Queen of Tears didaftarkan hak ciptanya tahun 2010. Aku tahu itu, formulanya sangat era awal-awal kdrama. PJE punya draft lama dan mimpi aku rasa," tulis penonton.

Baca juga: Jadi Perdebatan, Ini 4 Prediksi Akhir Queen of Tears

Netizen percaya ini akhirnya menjelaskan semuanya. Naskahnya pasti sudah dikerjakan selama lebih dari satu dekade, dan itulah mengapa ini terasa seperti KDrama lama.

Namun ada juga yang tidak mengira Queen of Tears yang didaftarkan hak ciptanya pada tahun 2010 ini adalah Queen of Tears yang kita tonton di tahun 2024.

Menurut seorang penggemar, KDrama Queen of Reversals tahun 2010 yang dibintangi oleh Kim Nam Joo, Jung Joon Ho, Park Si Hoo, dan Chae Jung An, awalnya diberi judul Queen of Tears. Park Ji Eun menulis Queen of Reversals dan Queen of Tears.

Tahun sebelumnya, Park Ji Eun dan aktris utama Kim Nam Joo bekerja bersama di KDrama Queen of Housewives 2009 (juga dikenal sebagai My Wife is a Superwoman).

Jadi, sepertinya Park Ji Eun kemungkinan besar memiliki hak cipta beberapa KDrama dengan judul “Queen of”.

Terlepas dari pro kontra kepuasan penggemar atas akhir Queen of Tears, pada kenyataannya drama ini berhasil menggeser posisi drama Korea Crash Landing of You dengan 21,6 persen, yang juga ditulis oleh Park Ji Eun.

Episode terakhir Queen of Tears naik menjadi drama dengan rating tertinggi di tvN dengan 24,9 persen secara nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com