Kompas.com - 18/04/2021, 16:25 WIB
Artis peran Manohara Odelia Pinot saat ditemui di peluncuran lini busana Emmara di Hotel Four Season, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019). KOMPAS.COM/Dian Reinis KumampungArtis peran Manohara Odelia Pinot saat ditemui di peluncuran lini busana Emmara di Hotel Four Season, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2019).
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Manohara Odelina menanggapi permintaan maaf Lucinta Luna yang diduga mengesploitasi lumba-lumba.

Manohara mempertanyakan poin-poin penjelasan dalam surat permintaan maaf Lucinta Luna.

"Edukasi sering dipakai sebagai alasan tempat-tempat yang mengeksploitasi hewan liar seperti lumba-lumba, edukasi seperti apa yang mereka berikan?" ujar Manohara Odelia, di akun Instagram-nya, dikutip Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Dianggap Eksploitasi Lumba-Lumba, Lucinta Luna Dikecam Davina Hingga Susi Pudjiastuti

Manohara juga menyinggung aksi memberi makan lumba-lumba jika hewan tersebut mencium pipi pengunjung.

Manohara mengatakan mencium manusia untuk mendapatkan makan tidak dilakukan lumba-lumba di alam bebas.

"That's not what they do in the wild," kata Manohara.

Baca juga: Tanggapan BKSDA soal Video Lucinta Luna Ditarik Lumba-Lumba

Menurut Manohara, kegiatan tersebut tidak bisa disebut dengan edukasi meski banyak diikuti orangtua yang bertujuan mendidik anak mereka tentang hewan.

"Edukasi yang diterima anak-anak dari tempat seperti itu hanyalah tidak apa-apa untuk mengeksploitasi satwa untuk mendapatkan uang," tutur Manohara dalam bahasa Inggris.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manohara Odelia (@manodelia)

Dalam surat permintaan maafnya, Lucinta mengaku mendapat informasi dari pengelola bahwa tempat itu sudah mendapat izin dari BKSDA setempat.

"Ini juga menjadi sebuah pertanyaan saya. Karena sepengetahuan saya tempat itu sudah sudah disuruh hentikan operasionalnya oleh BKSDA April 2020. Tepat satu tahun," kata Manohara.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X