Dokter Tirta Bicara Face Shields di Acara TV dan Saling Tegur dengan Melly Goeslaw

Kompas.com - 24/01/2021, 08:33 WIB
Dokter Tirta Mandira Huda saat menemui wartawan sebelum menerima vaksinasi di Puskesmas Ngemplak 2, Sleman KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMADokter Tirta Mandira Huda saat menemui wartawan sebelum menerima vaksinasi di Puskesmas Ngemplak 2, Sleman
Penulis Firda Janati
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi atau dr Tirta sering memberikan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona atau Covid-19.

Belum lama ini, dalam video di kanal YouTube Maia Al El Dul, Tirta menjelaskan penyebab kesalahpahaman dengan penyanyi Melly Goeslaw karena penggunaan eye shield.

Tira juga mempertanyan soal kebijakan Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI) mewajibkan semua artis mengenakan masker dan face shield saat tampil di televisi.

Baca juga: Unggahan Dokter Tirta dan Melly Goeslaw yang Saling Tegur

Berikut rangkuman Kompas.com.

Pertanyakan kebijakan KPI soal face shield

Menurut dokter Tirta para artis yang tampil di layar kaca cukup memakai masker.

"Jadi memang aku baca kemarin kebijakan KPI itu ada satu yang mengganggu adalah pengisi acara wajib memakai masker dan face shield. Ini enggak jelas. Cukup masker aja, tapi dikasih tambahan," ucap Tirta.

Baca juga: Dokter Tirta Pertanyakan Kebijakan KPI Wajibkan Artis Pakai Masker dan Face Shield Saat Tampil di TV

Alasannya juga merujuk kepada peraturan Pemerintah Jepang dan Korea Selatan yang hanya mewajibkan para selebritasnya mengenakan masker ketika tampil di acara TV.

"Kecuali diizinkan mencopot kalau perform nyanyi atau dance. Kalau reality show tetap pakai, kalau talkshow tetap boleh dicopot. Itu ada peraturan-peraturan detailnya biar jelas artisnya," ucapnya.

Teguran Melly Goeslaw

Dalam kesempatan yang sama, Tirta menjelaskan kronologi yang sebenarnya dari perang tegurannya dengan Melly Goeslaw.

Dia mengaku hanya ingin mengingatkan Melly bahwa penggunaan eye shield itu adalah salah.

Baca juga: Dokter Tirta Jelaskan Kronologi Sebenarnya Perang Teguran dengan Melly Goeslaw

"Aku nge-post Teh Melly itu karena eye shield itu salah. Pertanyaan Teh Melly satu, kenapa Tirta enggak negur artis lain? (Karena) yang lain pakai face shield," kata Tirta.

Kesalahan informasi tersebut yang sebenarnya ingin diluruskan olehnya melalui unggahan yang menampilkan Melly Goeslaw karena di Twitter sudah viral.

"Kenapa aku harus nge-post karena saat itu posisinya urgent, tingkat kasus lagi naik, ada 2 orang bintang yang kena, ditambah lagi viral foto itu," ucapnya.

Baca juga: Dokter Tirta Bantah Pansos Lewat Melly Goeslaw

Tirta meminta maaf jika unggahannya menimbulkan kegaduhan hingga membuat Melly Goeslaw sakit hati.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X