Pihak AMI Awards 2020 Pastikan Tak Ada Kategori Titipan

Kompas.com - 21/10/2020, 19:06 WIB
Nominasi AMI Awards ke-23 Instagram AMI AwardsNominasi AMI Awards ke-23

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Tim Juri Katagorisasi AMI Awards ke-23, Syaharani membantah perhelatan ini dikurasi berdasarkan pesanan atau titipan.

Sebab, Syaharani memastikan proses pengkategorisasi AMI Awards berdasarkan diskusi yang ketat.

Dia mengaku, tim juri kategorisasi harus mendengarkan karya yang mendaftar sebanyak 2971 lagu secara satu persatu.

Baca juga: AMI Award Ke-23 Digelar, Berikut Daftar Nominasinya

"Mengklasifikasikannya itu membutuhkan diskusi yang sangat ketat. Gimana ya, ini kan permasalahan yang bukan menang dan kalah, tetapi ini masalah colour of genre-nya (pada lagu)," tegas Syaharani dalam pertemuan virtual dengan wartawan, Rabu (21/10/2020).

Terlepas dari proses kategorisasi, Syaharani menjelaskan tentang warna lagu yang ada di industri musik Tanah Air.

Syaharani berujar, dalam rentang waktu tertentu apabila secara tiba-tiba warna lagu menjadi sebuah trend, hal tersebut bisa memiliki sebuah kepentingan untuk dibuatkan kategori tersendiri.

Baca juga: Adu Rayu, Kolaborasi Glenn Fredly, Tulus dan Yovie Widianto, yang Raih 5 AMI Awards

"Jadi sebenarnya enggak bisa dipesan juga karena siapa aja yang mendaftarkan karya itu kan juga tidak bisa diatur, dikendalikan," kata Syaharani.

Oleh sebab itu, Syaharini menegaskan, lagu titipan itu tidak memungkinkan untuk pengkategorisasi nominasi di AMI Awards.

"Karena genre itu tidak hanya style, jadi dia ada beberapa teknis tertentu. Jadi enggak bisa dikendaliin pakai pesan-pesanan gitu sih," ujar Syaharani.

Baca juga: Suara Bergetar, Andmesh Wujudkan Mimpi Sejak SD di AMI Awards

Di sisi lain, Ketua Umum Yayasan AMI Awards, Dwiki Dharmawan menjelaskan, pemenang nominasi tidak ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri kategorisasi. 

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X