Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pihak AMI Awards 2020 Pastikan Tak Ada Kategori Titipan

Sebab, Syaharani memastikan proses pengkategorisasi AMI Awards berdasarkan diskusi yang ketat.

Dia mengaku, tim juri kategorisasi harus mendengarkan karya yang mendaftar sebanyak 2971 lagu secara satu persatu.

"Mengklasifikasikannya itu membutuhkan diskusi yang sangat ketat. Gimana ya, ini kan permasalahan yang bukan menang dan kalah, tetapi ini masalah colour of genre-nya (pada lagu)," tegas Syaharani dalam pertemuan virtual dengan wartawan, Rabu (21/10/2020).

Terlepas dari proses kategorisasi, Syaharani menjelaskan tentang warna lagu yang ada di industri musik Tanah Air.

Syaharani berujar, dalam rentang waktu tertentu apabila secara tiba-tiba warna lagu menjadi sebuah trend, hal tersebut bisa memiliki sebuah kepentingan untuk dibuatkan kategori tersendiri.

"Jadi sebenarnya enggak bisa dipesan juga karena siapa aja yang mendaftarkan karya itu kan juga tidak bisa diatur, dikendalikan," kata Syaharani.

Oleh sebab itu, Syaharini menegaskan, lagu titipan itu tidak memungkinkan untuk pengkategorisasi nominasi di AMI Awards.

"Karena genre itu tidak hanya style, jadi dia ada beberapa teknis tertentu. Jadi enggak bisa dikendaliin pakai pesan-pesanan gitu sih," ujar Syaharani.

Di sisi lain, Ketua Umum Yayasan AMI Awards, Dwiki Dharmawan menjelaskan, pemenang nominasi tidak ditentukan berdasarkan penilaian dewan juri kategorisasi. 

Dwiki mengungkapkan, AMI Awards menganut sistem akademis yang sama seperti Grammy Awards di Amerika Serikat.

"Kalau untuk menentukan pemenang, tentunya voting dari anggota voting member suara dari AMI Awards, itulah yang menentukan, menghasilkan pemenangnya nanti," kata Dwiki.

"Jadi bukan dewan juri tertentu atau AMI sendiri dan ini akan diaudit oleh auditor publik juga secara penghitunganya," ucap Dwiki melanjutkannya.

Adapun AMI Awards ke-23 ini mengusung tema "Musik Menyatukan Kita" dan ditayangkan secara langsunh melalui RCTI serta live streaming Instagram AMI Awards pada 27 November 2020.

Pada tahun ini, jumlah karya yang mendaftar mengalami peningkatan sekitar 50 persen, dari 1973 karya di tahun 2019 menjadi 2971 di tahun 2020.

AMI Awards memiliki 53 kategori dan 2 penghargaan khusus yaitu Legenda Musik Indonesia dan Lifetime Achievment.

https://www.kompas.com/hype/read/2020/10/21/190600866/pihak-ami-awards-2020-pastikan-tak-ada-kategori-titipan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke