Curhat Joshua Suherman Selama Jadi Penyanyi Cilik, Masa Bermain dan Adanya Tekanan

Kompas.com - 22/09/2020, 10:31 WIB
Joshua Suherman berbincang dengan Onadio Leonardo YouTube The LeonardosJoshua Suherman berbincang dengan Onadio Leonardo

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak kecil, Joshua Suherman sudah terkenal sebagai penyanyi cilik di Tanah Air.

Kini Joshua sudah beranjak dewasa, ia menceritakan bagaimana pengalamannya dulu menjadi penyanyi cilik.

Jadi penyanyi bukan karena ingin terkenal

Presenter Onadio Leonardo bertanya kepada Joshua mengenai perasannya dulu dilingkupi ketenaran dan uang melimpah yang menjadi idaman banyak orang.

"Idaman orang-orang, tapi ternyata saat itu bukan idaman gue. Menjadi famous itu bukan goals gue waktu kecil," ujar Joshua Suherman, dikutip dari kanal YouTube The Leonardo's, Senin (21/9/2020).

"Karena murni waktu kecil gue suka aja ngelakuin itu, gue enggak mengerti duit, enggak mengerti famous," kata Joshua Suherman melanjutkan. 

Baca juga: Jadi Penyanyi Cilik Terkenal, Joshua Suherman Rasakan Tekanan Saat Beranjak Dewasa

Joshua yang dulu terkenal dengan lagu "Air" (Diobok-obok) ini mencontohkan, salah satu pengalaman yang mencirikan ia suka dengan musik.

"Justru gue, 'dijadikan penyanyi', sama orangtua gue karena memang gue banci tampil banget. Ada video waktu gue umur 1,5 tahun gitu di Bali depan toko kaset, gue joget-joget depan bule," cerita Joshua Suherman.

Dianggap kehilangan masa kecil bermain

Joshua punya jawaban sendiri bila beberapa pihak menganggap dirinya kehilangan masa kecil untuk bermain selama menjadi penyanyi cilik.

"Dulu sih gue selalu mikir kalau orang bilang gue kehilangan masa kecil, lu juga kehilangan karier di masa kecil. Lu enggak punya karier kayak apa yang gue punya. Itu kan tinggal lihat dari sudut pandang mana," kata Joshua. 

Baca juga: Jawaban Joshua Suherman Saat Dianggap Kehilangan Masa Kecil untuk Bermain

Penyanyi asal kota Surabaya ini mengatakan, ia lahir bukan dengan pengetahuan langsung untuk mengerti cara mengendalikan popularitas.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X