Jadi Penyanyi Cilik Terkenal, Joshua Suherman Rasakan Tekanan Saat Beranjak Dewasa

Kompas.com - 21/09/2020, 14:09 WIB
Joshua sedang berbincang-bincang dengan Vidi Aldiano. (Bidikan layar YouTube Vidi Aldiano). KOMPAS.com/Revi C Rantung Joshua sedang berbincang-bincang dengan Vidi Aldiano. (Bidikan layar YouTube Vidi Aldiano).

JAKARTA, KOMPAS.com - Joshua Suherman dikenal sebagai penyanyi cilik.

Namun, lama-kelamaan, Joshua mulai menepi dari dunia hiburan dan ia mulai merasakan adanya tekanan dari sejumlah pihak untuk tetap berkarya.

"Pressure datang ketika gue sudah tahu yang namanya fame, sudah tahu yang namanya uang. Baru ada fase di mana kayak orang ngebandingin karier gue saat itu sama karier masa kecil gue," ujar Joshua Suherman dengan wajah heran dikutip dari kanal YouTube The Leonardo's, Senin (21/9/2020).

Baca juga: Jawaban Joshua Suherman Saat Dianggap Kehilangan Masa Kecil untuk Bermain

"Kenapa harus lu bandingin ya. Maksudnya, pemain bola ketika di masa jaya terus pensiun, lu enggak bandingin gitu," lanjutnya.

Akan tetapi ia sadar sepertinya menjadi artis dituntut untuk selalu punya karier dan karya yang sama.

Joshua mengaku merasakan banyak yang membandingkan kariernya di masa anak-anak ketika ia mulai kelas 5 SD sampai 1 SMA.

Baca juga: Cerita Joshua Suherman soal Kekasih hingga Penghasilan Selama Wabah Corona

"Gue kan enggak pernah merencanakan itu ketika gue turun dan pengin memulai hidup biasa, kenapa lu judge gue. Padahal emang gue penginnya gini," ucap Joshua Suherman.

Ia juga mengaku bukan orang yang ambisius untuk menyamakan ketenarannya di masa lalu.

"Tapi gue ngerasain banget ketika orang mulai ngomong gitu, ya emosi, karena memang ini yang gue mau kenapa lu anggap gue merasa ini bukan pilihan gue. Sampai akhirnya gue terbiasa. Udah mulai kebal lah sama cacian gitu," jelas Joshua Suherman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X