Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lagu Bung Hatta dan Ingatan Iwan Fals atas Kabar Duka Sang Proklamator

Dalam kanal YouTube Iwan Fals Musica, Iwan mengatakan saat itu ia tengah berada di rumah orangtuanya dan mendapatkan kabar duka itu dari salah satu stasiun televisi.

"Jadi begitu saya mendengar kabar, itu saya habis maghrib nonton televisi di rumah orangtua saya, ada kabar Bung Hatta meninggal. Aduh, ada sesuatu yang hilang, 'wah, sudah enggak ada lagi Bapak Proklamator kita'," ungkap Iwan Fals seperti dikutip Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Tanpa pikir panjang, Iwan Fals setelah mendapatkan kabar tersebut langsung mengambil gitar dan membuat lagu untuk Mohammad Hatta dengan judul "Bung Hatta".

Kendati demikian, Iwan Fals mengaku tidak mengetahui secara menyeluruh biografi Mohammad Hatta saat membuat lagu "Bung Hatta".

Iwan Fals berujar, pengetahuannya tentang Mohammad Hatta pada saat itu hanya berbekal dari pendidikan di sekolah.

Pemilik nama lahir Virgiawan Listanto itu mengatakan, ia hanya mengetahui Mohammad Hatta sebagai seorang salah satu proklamator Indonesia yang sangat dicintai rakyatnya.

"Tapi sejarah perjalanan politik sampai Indonesia merdeka saya enggak begitu mengikuti. Saya hanya anak-anak yang terharu melihat Bapak Proklamator kita meninggal," kata Iwan Fals.

Sebagai informasi, tembang "Bung Hatta" menjadi salah satu single yang masuk ke dalam album Sarjana Muda, yang merupakan album profesional pertama Iwan Fals yang dirilis pada September 1981.

https://www.kompas.com/hype/read/2021/02/02/135040266/lagu-bung-hatta-dan-ingatan-iwan-fals-atas-kabar-duka-sang-proklamator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke