Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2024, 11:08 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Boraks atau natrium tetraborat adalah salah satu senyawa kimia yang umumnya digunakan sebagai pembersih rumah tangga.

Boraks tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, butiran, dan kristal. Sebagian besar boraks dipasarkan sebagai pembersih rumah tangga dan terbuat dari boron, natrium, dan oksigen. 

Baca juga: 5 Manfaat Boraks untuk Keperluan Rumah Tangga

Maryann Amirshahi, salah satu Direktur Medis dari National Capital Poison Center (Pusat Kendali Racun), mengatakan boraks merupakan senyawa yang mengandung boron, suatu unsur yang secara alami ada di lingkungan sekitar kita, seperti udara, tanah, dan makanan yang kita konsumsi. 

Boraks dapat larut dengan baik di dalam air serta sering digunakan sebagai bahan pembersih, penghilang noda, dan pemutih.

Boraks aman digunakan sebagai pembersih rumah tangga dan penambah cucian, asalkan mengikuti petunjuk pada wadah produk dengan cermat.

Amirshahi menyarankan menggunakan sarung tangan saat melakukan pembersihan dengan boraks dan segera mencuci tangan dengan sabun dan air selesai menggunakannya. 

Selain itu pastikan menggunakan produk boraks di area dengan ventilasi baik serta tidak mencampur boraks dengan bahan kimia pembersih lainnya agar tidak menimbulkan risiko buruk bagi kesehatan dan keselamatan. 

Nah, dilansir dari Martha Stewart, Selasa, (26/3/2024), berikut sejumlah manfaat boraks untuk membersihkan rumah

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Pakaian, Pakai Cuka hingga Boraks

Mencerahkan pakaian

Ilustrasi menghilangkan noda detergenSHUTTERSTOCK/DUANGJAN J Ilustrasi menghilangkan noda detergen
Menurut Kristin DiNicolantonio dari American Cleaning Institute, boraks dapat membantu memutihkan dan mencerahkan pakaian, menghilangkan bau tidak sedap, serta melunakkan air untuk mengurangi endapan mineral yang biasanya menempel pada kain.

Untuk memanfaatkannya, cukup tambahkan 118 mililiter boraks ke dalam cucian untuk hasil  lebih bersih dan terang, terutama pada pakaian berwarna putih atau cerah.

Menghilangkan noda pada wastafel 

Selanjutnya, manfaat boraks untuk membersihkan rumah adalah menghilangkan noda pada wastafel.

Marla Mock, Presiden Molly Maid—perusahaan jasa pembersihan rumah—mengatakan membuat membuat pasta boraks dengan menggunakan 236 mililiter boraks dan 59 mililiter air perasan lemon.

Kemudian, gunakan spons atau kain, gosokkan pasta ke area yang terkena noda, biarkan beberapa menit sebelum dibilas, dan digosok secara perlahan dengan air hangat. 

Baca juga: Cara Memutihkan Seprai Menggunakan Boraks

Menghilangkan karat

Boraks juga efektif menghilangkan karat dari berbagai permukaan.

Marla Mock menyarankanmenggunakan sarung tangan karet untuk membersihkan noda karat. Caranya,oleskan pasta boraks ke area yang terkena karat, lalu biarkan hingga mulai mengering dan gosok pasta menggunakan spons atau lap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com