Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Desain Taman Kecil yang Harus Dihindari

Kompas.com - 25/03/2024, 21:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman yang cantik membuat rumah terlihat lebih menarik. Taman di rumah tidak harus berukuran besar. 

Taman yang kecil pun bisa membuat rumah terlihat cantik dan menarik. Namun, membuat taman kecil di rumah ternyata memiliki tantangan tersendiri. 

Baca juga: 6 Ide Taman Rustic yang Memesona

Sebab, kesalahan kecil di taman berukuran kecil bisa memberikan dampak besar dan membuat taman terlihat kurang menarik. Maka dari itu, desain taman kecil harus dibuat dengan cermat agar tidak terdapat kesalahan. 

Dilansir dari Ideal Home, Senin (25/3/2024), berikut beberapa kesalahan desain taman kecil yang harus dihindari. 

Membuat desain terlalu penuh

Ilustrasi rumput halaman rumah. SHUTTERSTOCK/SHEILA SAY Ilustrasi rumput halaman rumah.

Saat merencanakan tata letak taman kecil, sebaiknya sesuaikan jumlah tanaman, aksesori, hingga furnitur dengan ukuran taman tersebut. 

Selain membuat taman terlalu penuh, menanam tanaman terlalu banyak di taman kecil juga bisa menghambat pertumbuhan tanaman. 

Baca juga: 5 Ide Desain Taman Sederhana, Bikin Rumah Lebih Cantik

Josh Novell, pakar taman dan direktur Polhill, juga mengatakan tanaman yang terlalu padat akan mengurangi sirkulasi udara, mengundang penyakit, dan menyebabkan masalah lain di taman kecil. 

Josh menyarankan untuk memanfaatkan teknik berkebun vertikal menggunakan keranjang gantung untuk memaksimalkan ruang agar taman kecil tidak terlalu padat dan berantakan. 

Tidak memanfaatkan ruang vertikal

Selanjutnya, kesalahan desain taman kecil lainnya yaitu tidak memanfaatkan ruang vertikal. Padahal, jika ruang vertikal dimanfaatkan, maka taman kecil akan lebih rapi dan lapang. 

Ruang vertikal bisa digunakan untuk menanam tanaman menggunakan pot gantung. Caron Grant, manajer merek di Brigman mengatakan taman vertikal akan menyediakan lebih banyak ruang tumbuh serta aksen tegal untuk membuat taman terlihat lebih besar. 

Baca juga: 4 Tren Taman yang Harus Dihindari di 2024, Ini Alasannya

Tidak membuat zona

Membuat zona di kamar kecil akan memberikan efek lebih luas di area tersebut. Di taman kecil, zona ruangan bisa dibedakan menggunakan tekstur untuk meningkatkan kedalaman di area tersebut. 

Sean Lade, pakar dan CEO di Easy Garden Irrigation dan Lewis Darley, content creator di NeoTimber, menyarankan untuk menggabungkan ruang teras dengan taman, membangun pergola, dan menanam tanaman secara vertikal untuk membuat taman kecil terasa lebih besar. 

Memilih warna yang salah

Ilustrasi taman di halaman rumah.SHUTTERSTOCK/HANNAMARIAH Ilustrasi taman di halaman rumah.

Warna sangat penting untuk memberikan kesan di taman kecil. Salah memilih warna akan membuat taman kecil menjadi kurang menarik. 

Baca juga: 5 Tren Desain Taman Rumah yang Bakal Populer di 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com