Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2024, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlengkapan lampu memiliki peran dalam menentukan gaya rumah. Ada banyak pilihan desain lampu di pasaran, namun lampu vintage masih gaya penerangan favorit banyak pemilik rumah. 

Sesuai dengan namanya, lampu vintage bisa memberikan kesan klasik dan tradisional di ruangan. Tampilan yang unik juga membuat lampu vintage terlihat estetik dan menarik. 

Untuk mendapatkan lampu bergaya vintage sebenarnya tidak sulit. Namun, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Lampu Ruang Tamu

Dondi Prestwood, pemilik DondiLight, mengatakan bahwa membeli lampu vintage tidak seperti membeli mangkuk, vas, atau hiasan dinding. 

Membeli lampu harus dilakukan dengan pertimbangkan dengan matang agar bisa mendapatkan jenis lampu terbaik. 

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (24/3/2024), berikut sejumlah tips membeli lampu vintage yang penting untuk diperhatikan. 

Perhatikan sistem kelistrikan dan kondisi lampu secara keseluruhan

ilustrasi lampu gantung klasikShutterstock/Tohid Hashemkhani ilustrasi lampu gantung klasik

Sistem kelistrikan akan menentukan apakah lampu siap digunakan atau perlu diperbaiki terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan sistem kelistrikan dan kondisi lampu secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Lampu LED

Taylor Gullett, pemilik dan desainer di Pickwick House, mengatakan bahwa jika kabel lampu sudah usang, maka sebaiknya segera perbaiki lampu tersebut. 

Jika membeli lampu vintage di e-commerce, Prestwood menyarankan untuk membaca deskripsi item dengan cermat dan memperhatikan kabel utama di lampu tersebut. 

Jangan lupa untuk membaca ulasan dari pembeli lain agar bisa mengetahui kualitas lampu yang dijual di toko online tersebut. 

Baca juga: 4 Tren Lampu yang Bakal Populer 2024

Jangan ragu untuk memadukan berbagai gaya

Tips membeli lampu vintage lainnya yaitu jangan ragu untuk memadukan berbagai gaya. Taylor Gullet, mengatakan bahwa menggunakan hanya satu gaya lampu akan terlihat membosankan. 

Selain membuat tampilan ruangan lebih menarik, memadukan berbagai gaya lampu juga bisa memberikan pencahayaan yang lebih terang di ruangan. 

Perhatikan ukuran lampu

Sebelum membeli lampu vintage, selalu perhatikan dimensi lampu tersebut. Pastikan membeli lampu yang dimensinya sesuai dengan ukuran ruangan. 

Namun, Taylor mengatakan lebih baik membeli lampu yang terlalu besar dibandingkan membeli lampu yang terlalu kecil. 

Baca juga: Tanpa Paku, Ini 5 Cara Memasang Lampu Natal di Jendela

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com