Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Pot Tanaman di Teras agar Rapi dan Menarik

Kompas.com - 23/03/2024, 18:18 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara membuat teras rumah lebih segar yaitu dengan meletakkan beberapa pot berisi tanaman herba, bunga, atau sayuran. 

Namun, pot tanaman perlu ditata dengan rapi agar tidak mengganggu mobilitas di area tersebut. Selain itu, penataan yang rapi juga membuat teras lebih cantik dan menarik. 

Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (23/3/2024), berikut sejumah tips menata pot tanaman di teras agar rapi dan menarik. 

Baca juga: Cara Membuat Pot Tanaman dari Bohlam Bekas

Pertimbangkan ukuran teras

Ilustrasi teras rumahShutterstock/Avigator Fortuner Ilustrasi teras rumah

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menata pot tanaman di teras yaitu mempertimbangkan ukuran teras tersebut. 

Steve Chilton, pakar taman di Leisure Bench menerangkan bahwa sebelum menata pot atau membeli pot yang baru, sangat penting untuk mempertimbangkan ukuran dan tata letak teras. 

Jika teras terlalu kecil, maka sebaiknya tidak meletakkan banyak pot di area tersebut karena bisa membuat teras terlihat sesak.

Steve menyarankan untuk selalu menyisakan ruang yang cukup untuk berjalan kaki dan area tempat duduk jika teras sering digunakan untuk bersantai. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Cocok Ditanam di Teras Rumah

Mengelompokkan pot

Tips menata pot tanaman di teras berikutnya yaitu mengelompokkan pot di satu area yang sama. Steve merekomendasikan untuk mengelompokkan tiga hingga lima pot tanaman untuk menciptakan tampilan teras yang menawan. 

Letakkan pot tersebut di sudut teras dan jangan ragu untuk mengelompokkan pot berdasarkan jenis bunga, warna, atau bahkan pot yang berbeda sekalipun. 

Alick Burnett, managing director di Blooming Artificial, juga mengatakan tidak ada salahnya memadupadankan pot yang ukurannya berbeda dengan berbagai warna dan jenis bunga yang berbeda untuk menciptakan tampilan taman yang liar. 

Jika ingin memadukan pot dengan ukuran berbeda, maka letakkan pot yang lebih tinggi di bagian belakang untuk memastikan semua tanaman bisa dilihat dan dijangkau dengan mudah. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pot Terbaik untuk Area Teras Rumah

Pertimbangkan kondisi pertumbuhan yang diperlukan

Menata pot di teras bisa mengakibatkan tanaman mati, jika tidak hati-hati. Maka dari itu, penting untuk memikirkan kondisi pertumbuhan yang dibutuhkan tanaman. 

Steve menerangkan sangat penting untuk mempertimbangkan lokasi pot di teras karena setiap tanaman memiliki kebutuhan tumbuh yang berbeda. Pastikan untuk menempatkan pot secara strategis berdasarkan kebutuhan sinar matahari dan nuangan. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Jamie Shipley, pakar berkebun dan managing director di Hedges Direct. Jamie menyarankan untuk mengelompokkan tanaman yang memerlukan sinar matahari dan perawatan yang sama karena akan menghemat waktu saat merawat tanaman tersebut. 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman Hias Gantung yang Dapat Mempercantik Teras Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com