Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Warna Lemari Dapur yang Harus Dihindari di 2024

Kompas.com - 23/03/2024, 17:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna lemari dapur bukan tantangan. Sebab, warna lemari dapur akan mempengaruhi suasana di ruangan tersebut. 

Jika salah dalam memilih warna dapur, maka suasana dapur menjadi kurang menyenangkan. Tak hanya itu, warna lemari dapur yang tidak tepat juga membuat dapur terlihat membosankan. 

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur yang Klasik dan Tak Lekang oleh Zaman

Dalam memilih warna lemari dapur sebenarnya tidak ada panduan khusus. Stephanie Bailey, seorang desainer interior di Decorbuddi, mengatakan bahwa memilih warna lemari dapur bisa berdasarkan tren atau sesuai keinginan pemilik rumah. 

Stephanie Bailey juga mengingatkan untuk menyesuaikan warna lemari dengan kepribadian. Walaupun demikian, ada beberapa warna lemari dapur yang sebaiknya dihindari di tahun ini. 

Dilansir dari Ideal Home, Sabtu (23/3/2024), berikut beberapa warna lemari dapur yang harus dihindari di 2024. 

Baca juga: 5 Warna yang Tidak Cocok untuk Lemari Dapur, Ini Alasannya

Biru tua

ilustrasi lemari dapur dengan pintu kacaShutterstock/brizmaker ilustrasi lemari dapur dengan pintu kaca

Biru tua menjadi salah satu warna yang sebaiknya tidak digunakan untuk lemari dapur.

Ruth Lavender, pakar desain di Benchmark Kitchens and Joinery, mengatakan warna gelap merupakan pilihan yang berani, terutama jika ukuran dapur lebih konservatif. 

Ruth juga mengatakan bahwa menggunakan warna gelap di dapur membuat cahaya yang dibutuhkan lebih banyak agar ruangan tetap terasa terang dan lapang. 

Baca juga: 5 Tren Lemari Dapur yang Ketinggalan Zaman, Bikin Dapur Terlihat Kuno

Saat ini, warna lemari dapur beralih dari biru tua ke biru cerah seperti biru pastel, denim, dan warna dasar hampir ungu. 

Warna terang memiliki daya tarik abadi dan tahan terhadap perubahan tren desain, sehingga ruangan tetap bergaya selama bertahun-tahun. 

Dawn Filkins, kepala kreatif di Smile Kitchens, menyarankan untuk menyeimbangkan warna biru muda dengan putih, sehingga bisa menciptakan nuansa pantai yang cerah dan lapang di dapur. 

Tampilan ini cocok dipadukan dengan furnitur anyaman, bambu, dan kayu. Warna biru pucat dan biru juga cocok dikombinasikan dengan meja dapur marmer dan dinding netral. 

Baca juga: 5 Gaya Lemari Dapur yang Bisa Menjadi Inspirasi

Abu-abu sejuk

Selanjutnya, warna lemari dapur yang harus dihindari di 2024 yaitu abu-abu sejuk. Sesuai dengan namanya, warna abu-abu sejuk membuat dapur terasa dingin. 

Jika tetap ingin menggunakan warna abu-abu, maka sebaiknya pilih abu-abu yang hangat. Untuk tampilan modern, warna abu-abu kemerahan akan menambah dosis warna yang sangat halus. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com