Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendapatkan Lebih Banyak Sinar Matahari di Rumah Tanpa Renovasi

Kompas.com - 12/03/2024, 11:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber home guide

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar matahari memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan. Misalnya, di rumah, sinar matahari dapat menerangi ruangan, mengeringkan pakaian, serta menghilangkan kelembapan. 

Namun, memaksimalkan cahaya matahari di rumah terbilang sulit. Banyak orang mengatakan perlu merenovasi rumah besar-besaran untuk memperoleh cahaya matahari. 

Baca juga: 6 Cara Memaksimalkan Sinar Matahari di Dalam Rumah, Bikin Bahagia

Padahal, hasil luar biasa dapat dicapai melalui kekuatan perubahan desain interior yang cerdas. Beberapa peningkatan dasar benar-benar dapat mengubah ruangan dan menjadikan suasana tampak lebih cerah.

Nah, disadur dari Home Guide, Selasa (12/3/2024), berikut beberapa cara mendapatkan lebih banyak sinar matahari di rumah tanpa renovasi.

Pilih warna yang tepat

Ilustrasi ruang keluarga bergaya monokrom.Unsplash/lotusdnp Ilustrasi ruang keluarga bergaya monokrom.
Mengubah sedikit skema warna akan langsung mengubah tingkat cahaya di ruang masing-masing.

Perubahan warna ini bukan mengecat ulang dinding, melainkan memilih aksesori dan tekstil baru akan memiliki efek yang sama kuatnya.

Aturan umumnya adalah menggunakan warna terang, seperti putih, beige, kelabu tua atau taupe, dan abu-abu muda, karena dapat memantulkan cahaya, bukan menyerapnya.

Karena itu, warna-warna ini memiliki kekuatan membuat ruangan mana pun tampak lebih terang meski tidak ada terlalu banyak jendela untuk masuknya cahaya.

Permukaan mengkilap, seperti sutra, misalnya, dapat memantulkan cahaya dan menciptakan kecerahan tambahan.

Bermain dengan warna dan tekstur aksesori adalah cara keren meningkatkan desain interior dan menghilangkan keremangan yang tidak perlu. 

Baca juga: 7 Barang yang Makin Bersih Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Bersih dan rapikan ruangan 

Selanjutnya, cara mendapatkan lebih banyak sinar matahari di rumah tanpa renovasi adalah membersihkan dan merapikan ruangan.

Bayangkan tumpukan benda yang tinggi berada di dekat dinding, dekat jendela, atau tengah ruangan. Kekacauan memiliki kekuatan untuk mengalihkan perhatian dan mempengaruhi suasana hati Anda.

Selain itu, mencegah sinar matahari mencapai setiap sudut, membuat ruangan tampak lebih suram dari yang sebenarnya.

Setelah itu, lihatlah sekeliling ruangan. Apakah ada terlalu banyak barang yang menyita ruang dan bukannya tersimpan rapi?

Jika itu masalahnya, buang sampah tersebut sebelum mempertimbangkan opsi peningkatan rumah lainnya. Kemungkinan pembersihan dan penataan ulang selama beberapa hari akan berdampak besar pada penampilan ruang keluarga Anda. 

Baca juga: Cara Memutihkan Pakaian Putih dengan Sinar Matahari

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com