Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Pintu Kamar Mandi dengan Kentang

Kompas.com - 11/03/2024, 19:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah ruangan yang paling sulit dijaga kebersihannya. 

Kamar mandi rentan mengalami kelembapan dan bau tidak sedap lantaran area basah serta digunakan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan air, seperti mandi, buang air, dan merawat tubuh. 

Baca juga: 5 Manfaat Kentang untuk Membersihkan Rumah

Untungnya, menjaga kamar mandi tetap bersih dan harum mudah dilakukan tanpa memerlukan banyak biaya. 

Bahkan bisa menggunakan sayuran yang ada di dapur, seperti kentang. Meski terlihat aneh, kentang dapat membantu menghilangkan noda kapur pada pintu kamar mandi serta membuat pintu kaca bebas noda tanpa menggunakan bahan kimia keras.

Dikutip dari House Digest, Senin (11/3/2024), kentang memiliki sifat unik yang membuatnya efektif mengatasi penumpukan noda pada pintu kamar mandi.

Pertama, kentang memiliki tekstur bertepung, yang dapat menjadi penggosok yang bagus untuk membersihkan kotoran dan sisa sabun.

Selain itu, kentang memiliki keasaman alami, terutama jika dikombinasikan dengan teksturnya yang kasar, dapat efektif memecah serta mengangkat endapan kapur, membuatnya lebih mudah dibersihkan dari permukaan kaca.

Dengan menggosokkan potongan kentang pada area yang terkena noda, Anda dapat secara bertahap melarutkan noda kapur serta mengembalikan kejernihan dan kebersihan pintu kamar mandi.

Kentang juga mengandung asam oksalat, bahan yang ditemukan dalam produk penghilang karat yang dapat menghilangkan karat. 

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kulit Kentang untuk Tanaman

Cara membersihkan pintu kamar mandi dengan kentang 

Ilustrasi pintu kamar mandi. SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi pintu kamar mandi.
Cara membersihkan pintu kamar mandi dengan kentang cukup mudah. Pertama, siapkan kentang terlebih dahulu. Bilas kentang di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran, lalu potong menjadi dua menggunakan pisau.

Kemudian, ambil satu bagian kentang dan gosokkan bagian yang terpotong dengan kuat pada permukaan pintu shower.

Fokuskan pada area yang terlihat ada penumpukan, buih sabun, atau noda air dengan memberikan tekanan lembut sesuai kebutuhan. 

Sifat abrasif alami kentang, dikombinasikan dengan sifat asamnya, akan membantu melonggarkan dan mengangkat kotoran membandel sehingga permukaan kaca terlihat segar serta bersih. 

Baca juga: Cara Pakai Air Rebusan Kentang agar Daun Tanaman Lebih Hijau

Untuk menghilangkan noda air sadah, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu buih sabun yang ada agar kentang dapat mengakses kerak kapur yang ada di bawahnya.

Setelah menggosok pintu kamar mandi dengan kentang, sangat penting membilasnya secara menyeluruh dengan air hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com