Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Mendekorasi Ruangan Menggunakan Cermin, Unik dan Estetik

Kompas.com - 25/09/2023, 14:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menggunakan cermin merupakan salah satu cara unik untuk mendekorasi ruangan. Selain membuat ruangan lebih estetik, cermin juga berfungsi untuk membuat ruangan lebih terang.

Biasanya, cermin digantung begitu saja. Namun, jika ditata dengan benar, cermin bisa menjadi elemen dekorasi yang dapat memperindah ruangan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (25/9/2023), berikut ini beberapa ide mendekorasi ruangan menggunakan cermin.

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Cermin

Letakkan cermin dekat pintu masuk

Salah satu lokasi yang tepat untuk meletakkan cermin yaitu di dekat pintu masuk. Cermin bisa membuat ruangan terlihat lebih estetik.

Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi cermin di atas tempat tidur.

Selain itu, cermin juga berfungsi untuk memeriksa penampilan sebelum keluar rumah. Anda bisa memilih cermin yang bentuknya unik, sehingga terlihat lebih menarik.

Ditempatkan pada ruangan yang kecil dan gelap

Menempatkan cermin di ruangan kecil dan gelap bisa membuat ruangan tersebut lebih terang. Meskipun ruangan tersebut menggunakan ubin gelap, namun ruangan tetap terang karena cermin bisa memantulkan cahaya.

Maka dari itu, cermin dianjurkan ditempatkan di ruangan kecil dna gelap seperti kamar mandi. Selain berguna untuk dekorasi ruangan, cermin juga bisa digunakan memeriksa penampilan atau merias diri.

Baca juga: Di Mana Sebaiknya Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui?

Gunakan cermin dengan bingkai hitam atau putih

Ide mendekorasi ruangan menggunakan cermin yaitu dengan memilih cermin yang bingkainya berwarna hitam atau putih. Warna tersebut membuat cermin terlihat menyatu dengan dinding atau wallpaper.

Pilih desain yang unik agar terlihat lebih menonjol. Di sekitar cermin juga bisa ditambah dekorasi lain seperti pigura foto atau tanaman gantung yang membuat tampilan ruangan semakin cantik.

Gunakan cermin berdiri

Cermin berdiri tak hanya digunakan untuk berias, namun juga bisa menjadi elemen dekoratif. Cermin ini dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan terang. Anda bisa meletakkan cermin ini di sudut ruangan agar area tersebut lebih terang.

Baca juga: Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Luas dengan Cermin

Gantung cermin yang kontras dengan warna dinding

Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi cermin di atas tempat tidur.

Cermin yang mencolok dan kontras dengan warna dinding akan membuat ruangan terlihat lebih estetik. Anda bisa memilih cermin bulat ukuran kecil, kemudian balut pinggiran cermin dengan anyaman dari tali rafia atau tali lain.

Anda juga bisa kerajinan makrame sebagai bingkai cermin agar terlihat lebih estetik dan menarik. Cermin ini bisa menjadi titik fokus dan pusat perhatian pada ruangan tersebut.

Susun cermin seperti galeri museum

Tak hanya satu jenis, Anda juga bisa memasang lebih dari satu jenis cermin pada tempat yang sama. Susun cermin tersebut seperti galeri pada museum.

Baca juga: 4 Ide Mendekorasi Ruangan Kecil agar Nyaman dan Menarik

Anda juga bisa menambahkan hiasan lain yang warnanya senada agar tampilan dinding semakin menarik.

Nah, itulah beberapa ide mendekorasi ruangan menggunakan cermin. Penempatan cermin akan membuat ruangan lebih estetik dan terang. Namun, cermin-cermin tersebut perlu rutin dibersihkan agar tidak terlihat kusam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com