Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mengecat Ruang Keluarga agar Tampak Menarik

Kompas.com - 17/09/2023, 16:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika harus merapikan ruangan dengan waktu atau anggaran terbatas, tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan sebuah kaleng cat

Ide mengecat ini bisa memberikan sentuhan cepat pada rumah serta mampu mendekorasi ulang ruangan secara menyeluruh.  

Baca juga: Seberapa Perlu Mengaplikasikan Cat Primer Sebelum Mengecat Dinding?

Ada banyak pilihan untuk setiap ide mengecat ruang keluarga. Sesuaikan warna cat dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, penggunaan cat tidak terbatas pada dinding saja. Cat juga dapat diaplikasikan pada plafon dan furnitur, yang dapat membuat ruang keluarga terasa dirancang dengan ahli.

Justyna Korczynska, desainer senior di Crown, mengatakan cat adalah cara mudah mengubah ruang keluarga tanpa menghabiskan banyak uang. 

"Daripada mengecat seluruh dinding, mengapa tidak menstensilkan cat metalik atau bertekstur dalam bentuk garis-garis, kotak, atau lingkaran pada warna dasar yang sederhana untuk menambahkan area yang dramatis dan menarik," ucap Korczynska. 

Pertimbangkan pula mengecat papan pinggir dan bingkai jendela agar sesuai dengan warna dinding. Ini bisa memberikan sentuhan sederhana, tetapi bergaya untuk ruang keluarga. 

Dilansir dari Ideal Home, Minggu (17/9/2023), berikut sejumlah ide mengecat ruang keluarga.  

Baca juga: Hindari, Ini 7 Kesalahan Mengecat Rumah yang Kerap Dilakukan

Lakukan semuanya dengan baik

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya Skandinavia.
Jika ingin memilih warna tunggal untuk dinding ruang keluarga, salah satu cara  meningkatkannya adalah mencocokkan cat dengan papan skirting, lengkungan, dan plafon. 

Hal ini akan mengubah apa yang seharusnya merupakan skema sederhana menjadi desain yang mencerminkan interior, yang terinspirasi dari hotel.

Memperluas warna ke setiap inci ruang dinding dan plafon juga membuat ruangan terasa lebih besar. Apabila ingin membuat dampak besar, cat plafon dan pinggirannya dengan warna cat lebih gelap dan tambahkan cermin.

Desainer interior Sonnaz Nooranvary mengatakan mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding akan membuat plafon terasa lebih tinggi.  

Baca juga: 6 Barang yang Harus Disingkirkan di Ruang Keluarga, Ini Alasannya

Cobalah menggunakan cat limewash 

Selanjutnya, ide mengecat ruang keluarga adalah menggunakan cat limewash. Cat limewash adalah alternatif kreatif bagi mereka yang ingin mempertahankan skema ruang keluargayang netral, tapi juga mencoba sesuatu yang baru.

Limewash menciptakan tekstur belang-belang yang mirip dengan suede, menambahkan dimensi pada dinding tanpa pola atau warna mencolok.

Warna ini memiliki sentuhan organik yang cocok untuk mereka yang tertarik dengan tren kemewahan yang tenang karena terlihat sangat sederhana, tetapi tetap premium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com