Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Keringat pada Kemeja Pakai Bumbu Dapur

Kompas.com - 05/07/2023, 17:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda keringat di pakaian dan kemeja bisa mengganggu penampilan. Akan tetapi, menghilangkan noda keringat di kemeja bisa dilakukan dengan mudah.

Dilansir House Digest, Rabu (5/7/2023), noda keringat disebabkan oleh garam dan protein dalam keringat Anda, minyak tubuh alami, dan aluminium di sebagian besar deodoran.

Untungnya, Anda bisa menghilangkan noda keringat di kemeja dengan bumbu dapur. Sedikit cuka dari dapur dapat membantu menghilangkan bercak-bercak yang berubah warna dari ketiak kemeja.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Darah Kering dari Pakaian dan Kain

Ilustrasi noda keringat pada area ketiak.Shutterstock/Koldunov Ilustrasi noda keringat pada area ketiak.

Hanya dengan bumbu dapur dan air dingin, pakaian dan kemeja akan seperti baru.

Untuk mengatasi noda keringat yang lebih baru, Anda dapat mencoba mencampurkan 1 bagian cuka dengan 4 bagian air, menuangkan campuran tersebut ke atas noda dan membiarkannya selama beberapa menit, lalu mencucinya setelah itu.

Pastikan untuk tidak memasukkan pakaian bernoda ke dalam pengering sampai Anda yakin nodanya sudah hilang, karena mengeringkan pakaian dengan panas dapat membuat noda tetap ada.

Jika menuangkan larutan cuka langsung ke cucian tampak terlalu berantakan, campurkan larutan yang lebih besar dan rendam pakaian langsung di dalamnya hingga 30 menit.

Baca juga: 7 Langkah Membersihkan Kasur agar Bebas Noda dan Bau

Cara menghilangkan noda keringat di kemeja

Jika Anda berurusan dengan noda keringat yang lebih sulit, Anda mungkin perlu melakukan beberapa langkah tambahan agar pakaian terlihat sempurna kembali. Setelah pakaian atau kemeja selesai direndam, peras cairan sebanyak mungkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com