Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2023, 20:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karat adalah salah satu jenis noda terburuk. Noda karat biasanya ada pada peralatan atau permukaan logam.

Namun, noda karat dapat mengenai pakaian. Tentu saja, noda karat bisa membuat pakaian dan penampilan terlihat buruk.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat di Kloset, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Awalnya, banyak orang berpikir mustahil dapat menghilangkan noda karat dari pakaian. Namun, jangan khawatir, ada beberapa noda karat yang bisa dihilangkan dari pakaian. 

Namun, alangkah lebih baik jika mencegah noda karat lebih awal. Sebagai tindakan pencegahan, cobalah menghindari menggosok noda karat karena akan berisiko membuatnya semakin melekat pada kain.

Ada beberapa metode mengatasi noda karat, beberapa di antaranya mengandalkan produk komersial, sementara beberapa teknik melibatkan produk alami.

Anda dapat mencoba metode yang lebih sederhana sebelum beralih ke bahan kimia yang lebih kuat. 

Dikutip dari Rhythm of the Home, Rabu (31/5/2023), berikut sejumlah cara menghilangkan noda karat dari pakaian

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Porselen

Lemon dan garam 

Ilustrasi buah lemon. shutterstock/Jag_cz Ilustrasi buah lemon.
Ini adalah kombinasi tepat untuk menghilangkan noda karat dari pakaian secara alami. Tambahkan garam ke area pakaian yang terkena noda karat, lalu peras sedikit air lemon di atasnya.

Setelah itu, jemur pakaian di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Ini adalah perawatan cukup ringan sehingga pakaian akan baik-baik saja dibanding menggunakan bahan kimia beracun.

Kain-kain halus, seperti wol, suede, dan sutra tidak akan mendapatkan manfaat dari perawatan ini. Dalam hal ini, yang terbaik adalah membawa pakaian ke layanan pembersih profesional. 

Baca juga: Cara Menyingkirkan Noda Karat yang Menempel pada Pakaian

Jika tidak memiliki lemon, Anda bisa menggantinya dengan cuka. Pastikan tidak membiarkan pakaian mengering terlalu lama di bawah sinar matahari. Tiga jam adalah batas maksimalnya.

Untuk menyelesaikan proses pembersihan noda karat, bilas pakaian dengan air dingin. Disarankan  memasukkan pakaian ke mesin cuci untuk mencucinya seperti biasa, terutama jika pakaian berwarna putih yang dapat ternoda oleh air perasan lemon.

Krim tartar 

Selanjutnya, cara menghilangkan noda karat dari pakaian adalah menggunakan krim tartar. Krim tartar adalah bahan pembersih yang bagus dengan sifat melawan noda.

Krim tartar menjadi solusi lain yang direkomendasikan jika pembersih komersial tidak tersedia. Caranya, campurkan beberapa tetes hidrogen peroksida dengan satu sendok teh krim tartar dan satu sendok teh baking soda.

Ramuan yang dihasilkan dapat digunakan untuk menghilangkan noda karat dari pakaian. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air dingin. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Karat pada Shower Kamar Mandi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com