Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2023, 19:04 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bagian terbesar dalam menyiapkan akuarium ikan cupang adalah menghiasnya. Anda perlu menemukan keseimbangan yang baik antara apa yang ikan cupang sukai dan Anda suka. 

Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat mendekorasi akuarium ikan cupang. Menambahkan sesuatu yang salah dapat berakibat buruk pada ikan cupang. 

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Sabtu (20/5/2023), berikut cara menghias akuarium ikan cupang

Baca juga: 6 Tanda Ikan Cupang Bahagia dan Sehat, Apa Saja?

Tanaman

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Sebuah akuarium akan tampak kosong jika tidak ada tanaman di dalamnya. Tanaman membuat akuarium terlihat lebih alami serta menyediakan ruang persembunyian untuk ikan cupang.

Saat memilih tanaman, tentukan apakah ingin menambahkan tanaman hidup atau tanaman artifisial. Tanaman hidup memiliki manfaat meningkatkan oksigen di dalam air dan tidak menyebabkan gangguan pada ikan.

Namun, tanaman hidup membutuhkan lebih banyak perawatan seperti memangkasnya bila sudah tinggi. Beberapa tanaman yang dapat dipilih, sepertk java moss, anubias, dan anacharis.

Tanaman artifisial dapat terbuat dari plastik atau sutra. Salah satu keuntungan memakai tanaman artifisial adalah tidak perlu merawatnya.

Namun, tanaman palsu dapat melukai kerusakan pada ikan cupang. Jika ada bagian tajam yang mencuat, hal ini dapat merobek sirip ikan cupang. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Ikan Cupang, Suka Berkelahi dan Bisa Melompat

Kayu apung

Dekorasi pokok lain yang Anda lihat di banyak akuarium adalah kayu apung. Ini adalah titik fokus uang bagus dan sering kali dapat digunakannya untuk menambatkan tanaman.

Kayu apung juga akan menyediakan tempat bagi ikan cupang untuk bersembunyi dan berenang. Jika  memiliki ikan lain, kayu apung dapat menjadi tempat bersembunyi di dalamnya.

Namun, kayu apung memilki kelemahan. Seiring waktu, kayu apung dapat menurunkan pH di dalam akuarium. Jika membiarkannya terlalu lama, seberapa pun baiknya perawatannya, akan mulai membusuk seiring berjalannya waktu. 

Jika berencana menambahkan kayu apung ke dalam akuarium, pastikan membelinya dari penjual atau toko daripada menggunakan barang yang ditemukan.

Sebelum menambahkan kayu apung ke akuarium, pastikan telah membersihkannya secara menyeluruh terlebih dahulu.

Baca juga: Stop Menaruh Ikan Cupang di Stoples Kaca, Ini Bahayanya

Marimo moss balls

Ilustrasi ikan cupang.Shutterstock/panpilai paipa Ilustrasi ikan cupang.
Marimo moss balls adalah dekorasi bagus untuk menjaga kebersihan akuarium. Jka meletakkannya dengan hati-hati, marimo moss balls kan mengapung untuk sementara waktu. Anda juga dapat menenggelamkannya sepenuhnya.

Marimo moss balls adalah bola ganggang yang selalu tumbuh meski sangat lambat, tapi tidak akan memenuhi akuarium dengan ganggang.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com