Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Dekorasi Kamar Tidur Remaja yang Nyaman dan Estetik

Kompas.com - 29/03/2023, 14:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merancang kamar tidur remaja adalah hal yang menyenangkan, tetapi bisa menjadi tantangan. Meskipun Anda pasti menginginkannya terlihat serasi dengan gaya rumah lainnya, namun penting diingat bahwa kamar tidur ini harus menjadi ruangan yang nyaman, aman, dan mendorong remaja untuk mengekspresikan diri.

Untuk Anda yang ingin mendekorasi kamar tidur remaja, jadikan kegiatan ini sebagai hal yang menyenangkan, misalnya sambil menyalakan musik, menikmati kudapan, atau menjadikannya sebagai proyek keluarga yang dilakukan bersama-sama, saran Vanessa Colyer-Tay, kepala gaya di Temple & Webster, dikutip dari Homes to Love, Rabu (29/3/2023).

Menurut Colyer-Tay, hal tersebut akan menciptakan lingkungan yang positif dan mendorong anak remaja Anda untuk terlibat dalam proses dekorasi kamar tidur.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Kamar Tidur Terasa Seperti Hotel Mewah

Ilustrasi kamar tidur remaja. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi kamar tidur remaja.

Berikut beberapa tips dekorasi kamar tidur remaja yang nyaman dan estetik.

1. Beri mereka kendali

Libatkan remaja dalam proses desain dan dekorasi kamar tidur sangat penting. Anda dapat mulai dengan menelusuri Pinterest atau membolak-balik majalah bersama untuk menentukan jenis warna dan gaya yang mereka sukai.

Penting untuk membiarkan mereka memimpin proses ini sehingga Anda bisa mendapatkan refleksi sejati dari apa yang membuat mereka tertarik dan terinspirasi.

Bekerjalah dengan anak Anda untuk membuat tema kamar mereka, seperti warna favorit, film, atau hobi, saran Colyer-Tay.

Baca juga: 7 Cara Menjauhkan Rasa Panas di Kamar Tidur Tanpa Kipas Angin dan AC

Ajak mereka berbelanja dan biarkan mereka mengambil kendali dan kepemilikan atas desain kamar tidurnya. Tergantung situasinya, Anda bahkan dapat membiarkan mereka berkontribusi sedikit secara finansial sehingga mereka benar-benar menghargai ruang tersebut, atau membantu mendaur ulang atau membangun sesuatu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com