Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Pencahayaan Kamar Mandi Kecil yang Dapat Mempercantik Ruangan

Kompas.com - 22/03/2023, 09:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan yang sangat bagus akan membuat perbedaan besar di kamar mandi kecil. Pencahayaan membantu membuat kamar mandi kecil terasa lebih cerah dan besar. 

Ini juga membantu memaksimalkan ruangan yang tersedia dengan memungkinkan Anda  menyesuaikan suasana hati, dari cahaya terang saat ingin mandi yang menyegarkan atau membersihkan kamar hingga cahaya lembut untuk suasana santai saat hari hampir berakhir. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kamar Mandi? Ini Panduannya

Ada banyak cara memasukkan pencahayaan ke kamar mandi kecil, dari menggunakan lampu downlight pada plafon, liontin, lampu dinding, hingga lampu rendah.

Perpaduan pencahayaan akan selalu memberi Anda lebih banyak pilihan untuk ide kamar mandi. Bahkan cermin dengan pencahayaan built-in dapat membantu memantulkan cahaya dan menciptakan kesan lebih luas di dalam ruangan.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (22/3/2023), berikut ide pencahayaan kamar mandi kecil untuk mempercantik ruangan.   

Baca juga: 5 Kesalahan Pencahayaan Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Tambahkan detail dekoratif dengan pencahayaan

Ilustrasi kamar mandi.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi.
Pencahayaan kamar mandi kecil yang dekoratif dapat menambahkan sentuhan glamor dan ini sangat berharga di ruang yang lebih kecil karena dapat menambahkan dampak dan kepribadian, bahkan pada desain paling ramping sekalipun.

Hanya karena sebuah ruangan kecil, Anda tidak perlu berpikir bahwa tidak ada ruang untuk ide pencahayaan plafon kamar mandi.

Sebaliknya, dengan memasang lampu gantung di kamar mandi kecil dapat menarik perhatian di ruangan.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Terlihat Lebih Besar

Gunakan cahaya alami 

Kamar mandi dalam tanpa jendela dapat dibuat tampak lebih besar dan terang dengan "mencuri" cahaya alami dari ruangan yang berdekatan.

Di kamar mandi dalam yang dirancang oleh Gunter & Co, sebuah layar kaca memisahkan ruang-ruangnya sehingga cahaya dapat mengalir dari kamar tidur ke kamar mandi kecil di dalam ruangan. 

Kaca beralur memberikan privasi serta detail tekstur dan desain menarik. Perhatikan panel beralur vertikal dan horizontal yang kontras. 

Baca juga: Mudah, 10 Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Lebih Luas

 

Gunakan pencahayaan berlapis 

Jika ingin membuat kamar mandi kecil terlihat lebih besar, menggunakan pencahayaan berlapis adalah suatu keharusan seperti yang Anda lakukan di ruang tamu atau kamar tidur - 

Pencahayaan kamar mandi LED dalam bentuk titik plafon telah digunakan untuk menarik perhatian ke sekeliling ruangan, meningkatkan kesan ruang, serta memberikan pencahayaan tugas yang praktis.

Lampu yang dipasang di kedua sisi cermin dinding memancarkan cahaya merata ke seluruh wajah, ideal untuk merias wajah atau bercukur, sementara cermin itu sendiri memberikan permukaan reflektif, yang juga meningkatkan kesan lapang. 

Baca juga: 6 Ide Desain Area Shower di Kamar Mandi Kecil, Nyaman dan Estetik

Memantulkan cahaya dari perawatan dinding 

Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi kamar mandi kecil, ilustrasi meja rias di kamar mandi kecil.
Material tekstur dapat meningkatkan ketertarikan pada kamar mandi kecil, terutama jika permukaannya diterangi dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com