Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Cara Menggunakan Arang Sekam untuk Media Tanam Hidroponik

Kompas.com - 14/02/2023, 18:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin melakoni budidaya sayuran atau buah-buahan di lahan terbatas, maka Anda dapat menggunakan sistem hidroponik.

Hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan air dengan penekanan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Hidroponik cocok diaplikasikan pada daerah dengan pasokan air yang terbatas, karena penggunaan air pada hidroponik lebih efisien.

Baca juga: 10 Tanaman Hidroponik yang Cocok untuk Pemula, Mudah Ditanam

Ilustrasi hidroponik, tanaman hidroponik, menanam strawberry dengan sistem hidroponik.FREEPIK/PRESSFOTO Ilustrasi hidroponik, tanaman hidroponik, menanam strawberry dengan sistem hidroponik.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (14/2/2023), bercocok tanam dengan sistem hidroponik juga membutuhkan media tanam.

Media tanam adalah bahan yang digunakan untuk tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman.

Umumnya media tanam memiliki kandungan hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Pada metode hidroponik, media tanam tidak menyediakan unsur hara, namun berfungsi sebagai penyangga tanaman.

Media tanam hidroponik hendaknya memiliki sifat sebagai berikut.

Baca juga: Apa Itu Tanaman Hidroponik?

  • Bersifat porous (berpori)
  • Tidak ada kandungan garam
  • Mampu menyimpan air yang cukup

Ada banyak media tanam untuk tanaman hidroponik, salah satunya adalah arang sekam. Arang sekam adalah kulit gabah padi (sekam padi) yang telah mengalami proses pembakaran parsial atau pembakaran tidak sempurna.

Pada daerah penghasil padi, sekam sangat mudah ditemui terutama pada tempat penggilingan padi. Penggunaan arang sekam mampu mengurangi limbah pada penggilingan padi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com