Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2023, 14:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci besi cor adalah peralatan masak yang serbaguna. Anda dapat menggunakannya di atas kompor untuk membakar steak, menggoreng telur, menumis jamur, dan lainnya.

Akan tetapi, Anda juga dapat memasukkan panci besi cor ke dalam oven untuk memanggang daging, memanggang roti, memasak pai pizza, dan bahkan membuat makanan penutup.

Dikutip dari Home Cowok World, Rabu (1/2/2023), Anda bisa memasukkan panci besi cor ke dalam oven. Selama permukaan memasak tidak dilapisi dan pegangannya terbuat dari besi, Anda bisa melakukannya.

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Tidak Berantakan

Ilustrasi wajan besi cor. SHUTTERSTOCK/JULIA NIKITINA Ilustrasi wajan besi cor.

Panci besi cor sangat berguna untuk memanggang, karena menahan panas dengan sangat baik. Jadi jangan takut untuk menggunakan panci besi cor di oven.

Sebelum ada oven konveksi hingga panci antilengket dan stainless steel yang mewah, kebanyakan orang memasak dengan panci besi cor di oven berbahan bakar batu bara dan kayu.

Dulu, orang tidak memiliki kemewahan kipas konveksi dan pengatur suhu seperti yang kita miliki hari ini. Mereka harus mengandalkan panas dari bara api atau kayu yang membara untuk memasak makanan.

Adapun oven zaman dahulu bisa mencapai suhu sekitar 370 derajat celcius, bahkan 538 derajat celcius.

Baca juga: Bisakah Panci Induksi Dipakai di Kompor Keramik?

Kenapa panci besi cor aman untuk oven?

Besi cor terbuat dari bahan yang tahan panas, yakni besi cor, sejenis besi yang telah dicairkan, dituangkan ke dalam cetakan, dan dibiarkan dingin dan mengeras. Logam yang dihasilkan padat dan tahan lama, sehingga cocok untuk digunakan dalam peralatan masak.

Karena sangat padat dan tahan panas, besi cor mampu menahan suhu tinggi tanpa meleleh atau melengkung. Ini membuatnya ideal untuk digunakan di dalam oven di mana suhunya bisa mencapai 260 sampai 290 derajat celcius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com