Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Dekorasi Dapur Warna Gelap, Bakal Jadi Tren pada 2023

Kompas.com - 18/11/2022, 09:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur serba putih memang tetap menjadi pilihan warna klasik. Namun, para desainer interior mengatakan ada pergeseran pasti menuju dapur yang lebih gelap dan lebih moody.

Faktanya, dikutip dari Better Homes & Gardens, Jumat (18/11/2022), menurut laporan tren 2023 yang baru saja dirilis oleh National Kitchen and Bath Association (NKBA), warna gelap diharapkan menjadi salah satu warna paling populer untuk desain dapur dalam waktu dekat.

Penyebab perubahan warna dapur ini sederhana, yaknipemilik rumah siap untuk sesuatu yang berbeda. Dapur putih telah mendominasi pasar, di semua titik harga, melampaui keunggulannya, kata Ellen Lopez, pendiri dan direktur kreatif di EL Design Studio.

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Klasik yang Tak Lekang Waktu

Ilustrasi dapur minimalis berwarna hitam.SHUTTERSTOCK / pozitivo Ilustrasi dapur minimalis berwarna hitam.

Menggabungkan warna adalah tren yang diperkirakan akan berkembang di seluruh rumah, dan dapur adalah pusat dari semuanya.

Dapur adalah tempat bagi semua anggota keluarga untuk berkumpul. Gagasan warna gelap dan murung diterjemahkan sebagai hangat, nyaman, dan kebersamaan, ungkap Nureed Saeed, pemilik dan direktur kreatif Nu Interiors.

Oleh karena itu, imbuh Saeed, tidak mengherankan jika orang ingin merasakan kehangatan di tempat yang paling sering mereka habiskan di rumah, yakni di dapur.

Dapur warna gelap adalah tentang kemewahan dan kenyamanan yang tenang, tutur Crystal Hackl, desainer di balik Inspired Haven Design. Pikirkan lemari dapur yang dalam dan kaya cat, meja dapur batu alam, warna emas mewah, dan garis horizontal yang bersih.

Baca juga: 5 Tren Desain Dapur yang Bakal Populer pada Tahun 2023, Apa Saja?

Berikut beberapa tips dekorasi dapur dengan warna gelap yang menciptakan kenyamanan, kehangatan, dan nuansa mewah.

1. Lemari dapur warna gelap

Mulailah dengan lemari dapur berwarna gelap, kata Lauren Schulte, pemilik Monarch Kitchen Design Studio. Pilih warna yang dalam, apakah itu hijau hutan lebat, biru tua, arang, atau hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com