Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan terhadap cat pelapis antibocor tak dapat dihindarkan. Ini khususnya di Indonesia yang berhadapan dengan kondisi curah hujan yang semakin tinggi menuju akhir tahun.

Bagian-bagian pada rumah seperti atap, wuwungan, fasad, dinding samping merupakan area yang terpapar langsung dengan panas dan hujan serta menjadi bagian yang paling membutuhkan perlindungan.

Bila dibandingkan dengan total biaya konstruksi rumah, besaran biaya pelapis anti bocor (waterproofing) kecil, namun memberikan efek positif jangka panjang yaitu meningkatkan ketahanan rumah dan memberikan perlindungan bagi penghuni rumah.

Baca juga: Inovasi Aquaproof, Semen Pelapis Antibocor Mudah Dicampur dan Diaduk

Ilustrasi atap rumah berbentuk segitiga atau pelanaUnsplash/Birgit Loit Ilustrasi atap rumah berbentuk segitiga atau pelana

Oleh karena itu, biaya cat pelapis antibocor (waterproofing) yang sudah dianggarkan baik untuk bangunan baru maupun renovasi rumah tidak serta-merta digunakan untuk membeli cat pelapis anti bocor yang tidak diketahui dengan jelas kualitasnya.

Berbagai pilihan cat pelapis antibocor (waterproofing) yang tersedia di pasaran justru membuat pemilik rumah harus lebih selektif. Utamakan kualitasnya di samping janji-janji dan hadiah yang ditawarkan.

Perhatikan tips memilih cat pelapis antibocor berkualitas berikut untuk mendapatkan perlindungan rumah yang maksimal dan tidak menyesal di kemudian hari.

Cat pelapis anti bocor yang berkualitas tentu memiliki merek atau nama yang dikenal baik, memiliki formula kedap air yang pasti efektif mengatasi bocor dan rembes. Selain itu, cat pelapis anti bocor juga harus memiliki tingkat coverage atau daya tutup yang baik, tekstur cat pelapis anti bocor berbeda dengan cat tembok biasa.

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Penyebab Plafon Bocor

Hasil pengaplikasian cat pelapis anti bocor akan bertahan lama dengan mengikuti cara pengaplikasian yang dianjurkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com