Kompas.com - 30/09/2022, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui, keadaan tata letak serta barang-barang yang ada di dalam rumah bisa menjadi sebuah energi positif atau keberuntungan maupun negatif yang berkaitan dengan keburukan. 

Ada beberapa barang yang tidak boleh diletakkan di dalam rumah, di antaranya tanaman mati, benda rusak, dan barang yang membangkitkan emosi negatif. 

Baca juga: 5 Tips Feng Shui Plafon Rumah, Jangan Gantung Lampu Berat

Karena itu, meletakkan barang-barang di dalam rumah perlu diperhatikan guna membawa keberuntungan bagi rumah dan penghuninya. 

Dilansir dari Country Living, Jumat (30/9/2022), berikut beberapa benda yang dapat membawa keberuntungan di dalam rumah menurut feng shui.  

Bunga segar

Ilustrasi bunga potong.Unsplash/raimondklavins Ilustrasi bunga potong.
Dalam feng shui, keberuntungan dipercaya dapat datang ke rumah bila Anda memajang bunga segar, tetapi jangan menyertakan batang berduri karena ini dapat menghentikan aliran chi atau energi positif. 

Baca juga: 5 Cara Menerapkan Elemen Feng Shui ke Rumah

Pintu yang dicat

Warna pintu dianggap dapat menentukan keberuntungan di rumah. Menurut feng shui, pintu yang menghadap ke selatan harus dicat merah atau oranye dan pintu yang menghadap ke utara harus berwarna biru atau hitam. 

Selain itu, pintu yang menghadap ke barat paling baik berwarna abu-abu atau putih serta pintu yang menghadap ke timur akan membawa keberuntungan bila diwarnai coklat atau hijau.  

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Kamar Tidur

Penataan furnitur

Ilustrasi ruang keluargaShutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga
Beberapa orang percaya bahwa menata furnitur dalam formasi melingkar akan membantu aliran energi.

Selain itu, ada kepercayaan lain yang menyebut bahwa energi baik akan datang jika menempatkan tempat tidur secara diagonal dari pintu kamar tidur.  

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Bikin Dapur Lebih Menarik Menurut Feng Shui

Dreamcatcher

Dalam beberapa budaya penduduk asli Amerika, hiasan dreamcatcher digantung di kamar tidur atau ruang tidur untuk melindungi pengguna dari mimpi buruk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.