Kompas.com - 26/09/2022, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hubungan kehidupan di dalam rumah dengan alam telah terbukti dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan.

Hal ini terlihat begitu banyak orang memberikan sentuhan alam di dalam rumah mereka dengan meletakkan berbagai tanaman hias. 

Baca juga: 10 Ikan Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, Simbol Kekayaan

Di sisi lain, feng shui merupakan salah satu ilmu yang dapat membantu manusia memahami hubungan dengan alam lebih dalam.

Hal ini berkaitan dengan lima elemen alam dalam feng shui, yakni kayu, api, tanah, logam, dan air, yang dapat memberikan ketenangan di rumah.

Menurut Maureen Calamia, pakar feng shui sekaligus penulis buku Creating Luminous Spaces, ketika merasa ada yang kurang atau stagnan di rumah, terkadang yang dibutuhkan hanya mengubah tampilan rumah atau memasukan kelima elemen tersebut.

Nah, dilansir dari Mind Body Green, Senin (26/9/2022), berikut cara menerapkan eleman feng shui ke rumah. 

 Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Kamar Tidur 

Kayu

Ilustrasi ruang keluargaShutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga
Kayu dilambangkan dengan semua tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan. Tanaman dalam ruangan, taman, dan pemandangan pepohonan menawarkan hubungan hidup dengan elemen tersebut.

Selain itu, bisa pula menambahkan meja kayu alami dan beberapa bantal berbahan katun atau goni. Menggantung tanaman pada jendela dan dinding juga dapat membawa lebih banyak elemen kayu di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Bikin Dapur Lebih Menarik Menurut Feng Shui

Api

Api melambangkan api seperti lilin dan perapian. Namun, Anda juga dapat memiliki referensi visual lain untuk api seperti cetakan matahari terbit atau sofa merah dengan bantal bermotif.

Bahkan memiliki hewan peliharaan di rumah juga dianggap berkontribusi pada elemen api.  

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.