Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Suhu Air yang Digunakan untuk Mencuci Pakaian

Kompas.com - 28/09/2022, 16:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mencuci pakaian, beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan pengaturan suhu air dan langsung mencucinya dengan pengaturan otomatis.

Padahal, suhu air perlu diperhatikan ketika mencuci pakaian karena ada beberapa pakaian yang lebih baik dicuci dengan air dingin atau air hangat.

Baca juga: Penyebab Ruang Mencuci Bau Apak dan Cara Mengatasinya

Co-founder The Laundress, Gwen Whiting, menjelaskan suhu air yang tepat sangat penting saat mencuci pakaian. 

“Suhu air menentukan kekuatan dari proses pembersihan. Memilih suhu air yang sesuai untuk kain tertentu sangat penting meminimalikan kerusakan dari waktu ke waktu,” ungkapnya dilansir Martha Stewart, Rabu (28/9/2022).

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Whiting melanjutkan, suhu air yang tepat dapat memastikan pembersihan lebih efektif dan mengurangi kemungkinan warna pakaian luntur atau kerusakan pada kain.  

Baca juga: 7 Mitos Mencuci Pakaian yang Tidak Perlu Dipercaya, Apa Saja?

Sebagian besar kain yang terdiri atas serat tenunan padat, seperti katun dan linen, biasanya bisa dicuci dengan air hangat tanpa risiko menyusut atau pudar.

Namun, pendiri Prepare with Cher, Cheryl Nelson, mengatakan jenis pakaian seperti itu lebih baik dicuci menggunakan air dingin.

“Air dingin tidak hanya meminimalikan kemungkinan kerusakan, tapi juga membutuhkanlebih sedikit energi. Jadi, mereka sangat baik untuk lingkungan dan menghemat uang,” terangnya.

Baca juga: Cara Mencuci Pakaian Berbahan Sutra Menurut Ahli

Mencuci baju putih dengan air hangat

Ada anggapan yang mengatakan pakaian putih sebaiknya dicuci dengan air panas. Namun, ini tidak selalu menjadi tindakan terbaik.

Sayangnya, serat-serat tertentu bisa menyusut dan melemah dalam air panas di atas 54 derajat Celsius. Namun, pakaian putih tidak mendapat pembersihan mendalam dan menyeluruh jika dicuci dengan air bersuhu 15-26 derajat Celsius.

Nelson mengatakan, triknya adalah mencuci baju putih dengan air hangat, yang biasanya suhunya berada di antara 32-43 derajat Namun, ada beberapa pakaian yang lebih baik dicuci dengan air dingin atau air hangat Celsius.

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Co-founder The Laundress, Lindsey Boyd, menambahkan, air hangat biasanya direkomendasikan karena dapat secara efektif mengangkat penumpukan kotoran, minyak tubuh, dan noda serta meminimalkan risiko penyusutan.

Baca juga: Cara Mencuci Baju Olahraga agar Wangi dan Bersih

“Baik air panas maupun hangat dapat menyebabkan kain tertentu memudar atau menyusut,” ujarnya.

Namun, imbuh Boyd, air panas menyusutkan pakaian hingga kapasitas penyusutan maksimumnya setelah satu kali pencucian. Sedangkan air hangat, menyusutkan pakaian lebih bertahap selama beberapa kali pencucian.

Untuk memastikan pakaian putih dibersihkan secara menyeluruh dan mendalam dengan air hangat, Nelson merekomendasikan umencucinya pada siklus pencucian lembut dengan pakaian berwarna serupa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com