Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 13:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menjadi kegiatan rumah tangga rutin yang dilakukan dan bisa melelahkan. Sebab, mencuci pakaian melibatkan rangkaian mencuci, membilas, menjemur pakaian, melipatnya setelah kering, hingga menyetrika pakaian.

Rangkaian kegiatan ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menerapkan efisiensi waktu saat mencuci pakaian.

Dikutip dari Homes to Love, Jumat (1/7/2022), berikut beberapa cara menghemat waktu saat mencuci pakaian.

Baca juga: Keuntungan dan Cara Pakai Deterjen Konsentrat untuk Mencuci Pakaian

Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.SHUTTERSTOCK/ANTONIODIAZ Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.

1. Bersihkan noda sebelum dicuci

Ada banyak noda yang mengotori pakaian, dan bisa sulit hilang saat dicuci. Untuk menghemat waktu dalam mencuci pakaian, sebaiknya Anda membersihkan noda terlebih dahulu.

Selain itu, untuk menghemat waktu dalam menggosok noda, gunakan air lemon, garam meja yang dicampur dengan air panas, obat sakit kepala yang dihancurkan dan dicampur dengan air untuk dijadikan pasta, cuka putih, serta soda kue yang dicampur air agar menjadi pasta untuk membersihkan noda.

2. Pisahkan pakaian sebelum dicuci

Jika Anda memiliki cukup ruang di ruang cuci, berinvestasilah pada empat keranjang cucian. Masing-masing utnuk pakaian putih, pakaian berwarna gelap, pakaian berwarna, dan untuk kain atau pakaian yang harus dicuci dengan tangan.

3. Cara cepat mengeringkan pakaian

Untuk mengeringkan jaket lebih cepat, letakkan di atas handuk kering, lalu gulung. Tekan-tekan dengan lembut untuk memeras kelebihan air, kemudian keringkan seperti biasa.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Batik agar Tidak Luntur dan Tahan Lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com