Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2022, 20:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah membutuhkan banyak biaya, terlebih bila melakukannya secara besar-besaran, dari merombak desain, menambah ruangan, dan memasang lantai. 

Namun, dilansir dari Decor Tips, Rabu (21/9/2022), ada beberapa cara mendekorasi rumah dengan biaya minim seperti berikut ini. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Cara Mendekorasi Rumah Tua  

Ubah warna dinding

Ilustrasi ruang keluarga dengan dinding berwarna biru.Shutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi ruang keluarga dengan dinding berwarna biru.
Mengubah warna dinding menjadi solusi mendekorasi rumah yang murah meriah. Bahkan cara ini bisa dilakukan sendiri. 

Pilih palet warna yang sama sekali berbeda dari yang sudah dimiliki. Nuansa, nada, dan warna baru akan membuat suasana rumah terasa berbeda. 

Ingatlah memilih warna cat yang sama dengan dekorasi rumah. Pilih warna yang akan menonjolkan nada warna rumah Anda saat ini dan pastikan selalu menambahkan kehangatan. 

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Bunga Krisan Berdasarkan Feng Shui 

Wallpaper dengan desain baru

Selain cat, wallpaper dapat menjadi solusi hemat biaya untuk mendekorasi rumah, khususnya pada dinding. Pilih wallpaper dengan desain dan kualitas terbaik serta yang sesuai dengan anggaran Anda.

Perlu diingat, untuk area basah seperti dapur dan kamar mandi, sebaiknya berinvestasi dalam vinyl yang lebih tahan daripada wallpaper biasa. 

Tutupi ubin lama dengan dempul

Ilustrasi lantai vinyl, lantai vinil, pemasangan lantai vinyl. SHUTTERSTOCK/PALATINATE STOCK Ilustrasi lantai vinyl, lantai vinil, pemasangan lantai vinyl.
Jika memiliki ubin tua dan rusak, hapus retakan dengan bantuan dempul yang baik. Cara mengaplikasikannya cukup mudah.

Oleskan dempul sebaik mungkin pada dinding mengggunakan spatula atau sekop, lalu biarkan mengering, serta amplas untuk menghilangkan benjolan atau gumpalan. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Rumah Kontrakan tanpa Perubahan Permanen 

Gunakan vinyl

Jika lantai membutuhkan renovasi mendesak, tetapi tidak memiliki anggaran besar, jangan khawatir. Disarankan menggunakan lapisan vinil dan memasangnya di atas lantai lama Anda.

Anda dapat membeli gulungan lantai vinil yang dapat membuat pemasangan lebih mudah. Satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan adalah lantai lama harus dalam kondisi baik dari segi teksturnya. Itu harus halus dan padat untuk menghindari cacat.  

Baca juga: 6 Kesalahan saat Mendekorasi Rumah Bergaya Modern

Tambahkan pencahayaan

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaShutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia
Selain itu, pertimbangkan melakukan pembelian barang bekas seperti beberapa lampu bekas untuk mencerahkan rumah. 

Namun, bisa pula membeli lampu baru yang hemat listrik dan biaya rendah atau membuatnya sendiri dari bahan yang dapat didaur ulang. 

Baca juga: 4 Tips Mendekorasi Rumah Bergaya Coastal, Hadirkan Suasana Pantai 

Furnitur DIY

Jika tidak memiliki biaya mengganti furnitur, cobalah mengganti pelapis kain yang baru atau mengecat furnitur. Ini juga menjadi kegiatan yang murah, menyenangkan, dan kreatif. 

Furnitur kayu terlihat cantik jika Anda menggunakan cat kapur atau susu. Ini adalah cat alami, murah, mudah disiapkan di rumah, dan memberikan hasil akhir yang sangat istimewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com