Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Pakai Cuka, Ini Cara Tepat Membersihkan Nat Kamar Mandi

Kompas.com - 17/09/2022, 15:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan nat kamar mandi adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling diabaikan, namun melakukannya sekali saja dapat mengubah tampilan ubin keramik sepenuhnya.

Kotoran, jamur, dan lumut dapat membuat nat terlihat kotor, dan mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus digunakan untuk menghilangkannya.

Namun, dilansir Express.co.uk, Sabtu (17/9/2022), menurut seorang ahli kebersihan, bahan kimia keras dan bahkan bahan pembersih populer seperti cuka putih dan soda kue tidak diperlukan untuk membersihkan nat keramik kamar mandi

Baca juga: Gunakan Asam Sitrat untuk Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Ilustrasi nat kamar mandi, Ilustrasi membersihkan nat kamar mandi.SHUTTERSTOCK/ETAP Ilustrasi nat kamar mandi, Ilustrasi membersihkan nat kamar mandi.

Sebagai gantinya, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit minyak siku untuk mencerahkan ubin kusam secara instan.

Cara membersihkan nat keramik kamar mandi

Pembersih kloset, scrub soda kue, dan cuka putih adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan pengisi di antara ubin rumah tangga. Meskipun ini efektif, asam kuat dan barang-barang dengan tingkat pH rendah lebih merusak daripada yang Anda kira.

Untuk alasan ini, Donna Smallin Kuper, teknisi pembersih rumah bersertifikat dan penulis di Unclutter.com percaya bahwa sikat gosok basah adalah cara paling aman untuk membersihkan kotoran di nat.

Kuper mengatakan, minyak siku benar-benar bahan yang paling penting. Meskipun kedengarannya seperti kerja keras, metode sederhana ini benar-benar aman untuk digunakan di semua permukaan dan menghindari kebutuhan akan bahan kimia yang keras.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Nat Keramik dengan Cuka Putih dan Baking Soda

Ini bermanfaat karena banyak bahan yang sebenarnya terlalu asam untuk campuran semen, dan dapat membuatnya terlihat lebih buruk untuk dipakai.

Bahkan, menurut Robb Roderick, seorang pelatih teknis di National Tile Contractors Association, mengatakan jika menggunakan cuka putih bisa menjadi hal yang buruk untuk hasil akhir secara keseluruhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com