Kompas.com - 16/05/2022, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki nat keramik yang kotor dapat membuat ruangan terlihat kotor meski lantai dalam keadaan bersih dan barang-barang tersusun rapi.

Sebab, kotoran pada nat keramik dapat menempel pada kulit dan terbawa ke sejumlah area di rumah seperti tempat tidur, terlebih jika kamu jarang mencuci kaki sebelum masuk ke kamar tidur.

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi yang Berjamur

Nat keramik merupakan celah atau sambungan antara ubin yang biasanya diisi mortar instan atau semen putih. Namun, celah ini dapat menjadi menarik kotoran dan jamur

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan dapur. Dikutip dari Pure Wow, Senin (16/5/2022),General Contractor, Tom Silva, mengatakan, memberihkan nat keramik bisa menggunakan kombinasi cuka putih, baking soda, dan sabun cuci piring

Untuk cuka putih, pilih cuka putih suling dan tuangkan cuka langsung ke nat ubin yang ingin dibersihkan. Setelah itu, siapkan gelas plastik, lalu masukkan beberapa sendok makan baking soda, air dingin, serta sabun cuci piring, dan aduk hingga merata.

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik yang Kotor

Ilustrasi cukaFREEPIK.COM Ilustrasi cuka

Perlu diketahui, takaran masing-masing bahan tergantung pada luas area nat keramik yang ingin dibersihkan. 

Setelah campuran merata, pastikan teksturnya mudah dituang dan tidak terasa seperti pasta. Kemudian, tuangkan langsung ke area nat keramik yang telah dibaluri cuka putih suling.  

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi 

Apabila keadaan nat keramik dalam kondisi benar-benar kotor, tunggu sekitar 15 menit agar larutan meresap. Jika tidak terlalu kotor, langsung gosok nat dengan sikat gigi.

Akan tetapi, sebaiknya menggunakan sikat berukuran lebih besar dan bulu-bulunya kaku agar lebih mudah dibersihkan. Setelah menggosok nat yang kotor, gunakan spons untuk menyeka sisa larutan pembersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Minyak pada Nat Ubin Lantai Dapur

Larutan pemutih

Jika enggan menggunakan bahan dapur, Anda bisa menggunakan larutan pemutih. Caranya,  encerkan ¾ cangkir larutan pemutih dengan 4,5 liter air, kemudian tuangkan atau semprotkan pada nat keramik yang ingin dibersihkan, dan diamkan selama beberapa menit.

Selanjutnya, gosok nat keramik menggunakan sikat berbulu kaku hingga benar-benar berkilau serta bilas area nat sampai bersih setelah selesai. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Pure Wow
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.