Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Pakai Cuka, Ini Cara Tepat Membersihkan Nat Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan nat kamar mandi adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling diabaikan, namun melakukannya sekali saja dapat mengubah tampilan ubin keramik sepenuhnya.

Kotoran, jamur, dan lumut dapat membuat nat terlihat kotor, dan mungkin sulit untuk mengetahui apa yang harus digunakan untuk menghilangkannya.

Namun, dilansir Express.co.uk, Sabtu (17/9/2022), menurut seorang ahli kebersihan, bahan kimia keras dan bahkan bahan pembersih populer seperti cuka putih dan soda kue tidak diperlukan untuk membersihkan nat keramik kamar mandi. 

Sebagai gantinya, yang Anda butuhkan hanyalah sedikit minyak siku untuk mencerahkan ubin kusam secara instan.

Cara membersihkan nat keramik kamar mandi

Pembersih kloset, scrub soda kue, dan cuka putih adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan pengisi di antara ubin rumah tangga. Meskipun ini efektif, asam kuat dan barang-barang dengan tingkat pH rendah lebih merusak daripada yang Anda kira.

Untuk alasan ini, Donna Smallin Kuper, teknisi pembersih rumah bersertifikat dan penulis di Unclutter.com percaya bahwa sikat gosok basah adalah cara paling aman untuk membersihkan kotoran di nat.

Kuper mengatakan, minyak siku benar-benar bahan yang paling penting. Meskipun kedengarannya seperti kerja keras, metode sederhana ini benar-benar aman untuk digunakan di semua permukaan dan menghindari kebutuhan akan bahan kimia yang keras.

Ini bermanfaat karena banyak bahan yang sebenarnya terlalu asam untuk campuran semen, dan dapat membuatnya terlihat lebih buruk untuk dipakai.

Bahkan, menurut Robb Roderick, seorang pelatih teknis di National Tile Contractors Association, mengatakan jika menggunakan cuka putih bisa menjadi hal yang buruk untuk hasil akhir secara keseluruhan.

Roderick menjelaskan, cuka encer adalah rekomendasi umum, tetapi cuka sangat asam. Jika larutannya terlalu kuat, Anda akan melemahkan dan merusak nat, dan cuka dapat menggores ubin. 

Sementara itu, sikat gosok basah bekerja sama efektifnya tanpa mengurangi nat karena air memiliki pH netral 7. Bahan yang sangat asam atau basa memiliki tingkat yang jauh lebih ekstrim. 

Untuk mencapai pembersihan yang dalam, selalu mulailah menyikat dengan gerakan ke atas dan ke bawah di sepanjang tepi ubin di mana mereka bertemu dengan nat keramik. 

Memang, tidak dapat disangkal bahwa ini membutuhkan waktu, tetapi akan memberikan hasil instan yang dapat Anda lakukan dengan mudah setiap hari untuk pemeliharaan maksimal.

Jika Anda ingin menambahkan wewangian atau bahan tambahan, Mr Roddick menyarankan bahwa satu-satunya bahan lain yang harus digunakan pada nat adalah sabun cuci piring. Gunakan spons kecil atau kain lembut untuk mengoleskannya pada noda dan diamkan.

Setelah residu berbusa mengendap, bersihkan dengan handuk atau kain mikrofiber basah. Lakukan ini secara teratur untuk mencegah noda organik seperti sisa makanan, minuman atau sabun menempel pada nat ubin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/17/151700676/bukan-pakai-cuka-ini-cara-tepat-membersihkan-nat-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke