Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2022, 20:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua pemilik anjing menganggap anjing peliharaannya sebagai hewan semata. Beberapa orang sudah menganggap anjing peliharaan sebagai anggota keluarga sendiri.

Karena itu, mereka akan menjaga dan merawat anjing sebaiknya mungkin. Tak heran, ada pemilik yang memberikan sebuah ruangan khusus untuk anjing yang diisi berbagai mainan dan tempat tidur empuk.

Baca juga: 4 Ras Anjing Kecil yang Mirip Boneka dan Cocok Dipelihara Pemula

Meski demikian, anjing terkadang juga memerlukan waktu bermain di luar rumah. Pemilik pun akan mengajak anjing berjalan-jalan keluar seperti taman atau mal yang ramah untuk hewan peliharaan. 

Akan tetapi, mengajak anjing peliharaan keluar rumah cukup membahayakan lantaran ini bisa membuat anjing berisiko hilang atau dicuri. Bahkan, pencurian anjing bisa terjadi di rumah.

Maraknya pencurian anjing di Inggris

Ilustrasi ras anjing Chihuahua yang berbulu pendek. PIXABAY/DIDGEMAN Ilustrasi ras anjing Chihuahua yang berbulu pendek.

Misalnya, di Inggris, menurut data dalam Country Living, Selasa (6/9/2022), pencurian anjing melonjak drastis, yakni 2.760 anjing dicuri pada 2021. Angka ini meningkat sebanyak 16 persen sejak 2015.

Beberapa ras anjing yang sering dijadikan target pencruian adalah French bulldog, Jack russell terrier, Chihuahua, dan Pug.

“Sangat menyedihkan melihat jumlah anjing yang dicuri terus meningkat di seluruh negeri,” kata Veterinary Nurse untuk Direct Line Pet Insurance, Madeline Pike, kepada Mail Online.

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Dachshund, Umur Panjang dan Ikut Perang Dunia I

Ia melanjutkan, peningkatan kepemilikan anjing terjadi sejak pandemi dimulai. Kenaikan harga hewan peliharaan tampaknya membuat kejahatan terlihat menarik bagi pencuri.

Di Inggris, pencurian anjing mengalami peningkatan karena kelompok-kelompok tertentu memberikan sejumlah uang untuk permintaan anak anjing selama lockdown.

Sayangnya, anjing-anjing ras murni (pedigree) dicuri dari rumah mereka dan digunakan untuk pembiakan intensif.

“Dengan lebih banyak orang orang bekerja dari rumah, permintaan akan anak anjing meningkat—sama dengan biaya pembelian anjing—yang telah meningkat dari sekitar Rp8,6 jutaan hingga Rp34 jutaan,” ujar Inspektur Detektif dari National Police Chiefs’ Council di Inggris, Neil Austin, kepada Sky News

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Pit Bull yang Kerap Dianggap Berbahaya

Pencurian anjing juga terjadi di Indonesia

Ilustrasi anjing Akita inuUnsplash/houston_shiba_inu_lovers Ilustrasi anjing Akita inu

Di Indonesia sendiri, terdapat sejumlah kasus pencurian anjing yang tersebar di beberapa daerah, salah satunya wilayah Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/7/2022), Brigadir Abraham Kaat alias Bram, anggota Bagian Operasional Kepolisian Resor Kupang, NTT, berhasil menggagalkan aksi pencurian anjing di Fatukoa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com