Kompas.com - 16/08/2022, 12:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sering kali bersikap manis, kucing memiliki sisi agresif lainnya, salah satunya berkelahi dengan kucing lain.

Jika kucing Anda berkelahi dengan kucing lain di sekitar lingkungan atau bahkan di rumah Anda, mungkin sulit untuk mengetahui alasan perilaku bermasalah ini. Namun, dilansir Love to Know, Selasa (16/8/202), ada alasan umum mengapa kucing berkelahi, seperti berikut ini. 

Perkelahian kucing akibat agresi wilayah di rumah 

Kucing sangat sensitif terhadap perubahan di lingkungan mereka, dan ini termasuk menambahkan kucing atau anak kucing baru ke dalam rumah.

 

Baca juga: 12 Cara Kucing Menunjukkan Cinta kepada Pemiliknya

Ilustrasi kucing berkelahi. PIXABAY/ISAKARAKUS Ilustrasi kucing berkelahi.

Jika Anda tidak memperkenalkan kucing dengan benar, Anda dapat menciptakan konflik di antara kucing yang mungkin melibatkan perkelahian.

Demikian juga, kadang-kadang dua kucing mungkin tampak akur jika satu lebih muda, tetapi ketika kucing itu mencapai kedewasaan sosial, agresi dapat terjadi pada bagian dari kucing yang lebih tua atau lebih muda, atau kadang-kadang dari keduanya secara setara.

Perkelahian kucing akibat agresi wilayah di luar rumah 

Jika Anda memiliki kucing indoor-outdoor, kucing Anda mungkin berkelahi dengan kucing lain yang mendekati atau memasuki batas properti Anda. Ini karena sifat teritorial kucing.

Untuk mencegahnya, jaga kucing Anda di dalam ruangan. Anda dapat memberi kucing Anda penutup jendela dan "ruang bermain" di luar ruangan untuk memberinya waktu di luar ruangan tetapi tetap aman dari kucing dan pemangsa lain.

Baca juga: 7 Aroma yang Dapat Mencegah Kucing Pipis Sembarangan di Rumah

Anda juga dapat mencoba cara-cara untuk mencegah kucing atau kucing lain memasuki halaman Anda, meskipun hal ini mungkin sulit dilakukan tergantung pada halaman Anda, pagar, dan kesediaan tetangga untuk mengontrol kucing mereka.

Perkelahian kucing terkait kawin

Jika Anda memiliki lebih dari satu kucing jantan dan satu atau lebih dari mereka tidak dikebiri, Anda mungkin mengalami perkelahian selama musim kawin kucing.

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.