Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Ruangan yang Membangkitkan Semangat dan Kebahagiaan

Kompas.com - 16/08/2022, 10:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak memilih warna untuk ruangan di dalam rumah, Anda dapat memilih warna favorit. Namun, tahukah Anda, warna memiliki kemampuan yang kuat untuk memengaruhi suasana hati seseorang dan membangkitkan semangat? 

"Warna memiliki kekuatan untuk mengubah bagaimana ruang membuat Anda merasa lebih bahagia atau murung," kata Ruth Mottershead, direktur kreatif di Little Greene yang dilansir Homes and Gardens, Selasa (16/8/2022). 

"Teori warna secara keseluruhan bisa menjadi subjek yang rumit," jelas Patrick O'Donnell, brand ambassador Farrow & Ball.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur yang Dapat Membantumu Tidur

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning, ilustrasi meja nesting di ruang keluarga. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna kuning, ilustrasi meja nesting di ruang keluarga.

Ada beberapa prinsip dasar untuk membantu mengarahkan Anda ke arah yang benar. Berikut beberapa warna yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia di dalam ruangan. 

1. Warna hangat memberikan energi tinggi

"Kebahagiaan adalah istilah yang relatif. Warna apa yang membuatmu merasa bahagia?" jelas Leatrice Eiseman, direktur Eiseman Center for Color Information & Training dan direktur eksekutif Pantone Color Institute.

Umumnya, warna hangat kuning, dan oranye, lavender hangat dan biru, seperti merah hangat atau merah muda hangat diasosiasikan dengan kebahagiaan.

Meskipun pilihan warna yang berani seperti itu mungkin tampak menakutkan, mendekorasi dengan ide kamar oranye atau merah hangat dapat dicapai dengan menambahkan tekstil dan dekorasi berwarna, daripada mengecat seluruh ruangan. 

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Harus Dihindari Menurut Desainer Interior

"Kita semua memiliki warna yang kita kaitkan dengan kebahagiaan, dan ini sering menjadi simbol bagi kita," lanjut Lee Chambers, psikolog dan konsultan kesejahteraan. 

Terkait lingkungan Anda, nada yang lebih hangat memiliki kemampuan untuk meningkatkan suasana hati dan memberi ledakan energi, dan nuansa merah muda, oranye dan kuning semuanya bisa memberi sepotong kegembiraan ketika merasa sedikit sedih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com