Kompas.com - 15/08/2022, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah kontrakan atau sewaan bukan hal mudah. Seiring dengan batasan aturan sewa, Anda tidak bisa mendekorasi rumah sepenuhnya.

"Mereka mungkin bersedia mengizinkan penyewa membuat perubahan yang disetujui dengan biaya penyewa, tetapi mungkin tidak sebanding dengan biaya untuk sewa," kata desainer interior, Louisa G. Roeder, dilansir dari Martha Stewart, Senin (15/8/2022). 

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Menyewa Rumah Kontrakan

Jadi, perubahan dekorasi seperti apa yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah kontrakan? 

Secara umum, desainer interior, Crystal Sinclair, mengatakan pemilik rumah kontrakan tidak akan menyetujui pembaruan besar apa pun.

"Wallpaper permanen, perubahan lantai, dan mengganti ubin dapur dan kamar mandi biasanya tidak boleh digunakan," katanya.

Namun, Jonathan Rachman, desainer interior dan penulis Saat Klasik: Jonathan Rachman Design, membagikan beberapa cara mendekorasi rumah kontarakan seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Rumah Kontrakan tanpa Perubahan Permanen 

Mengecat dinding 

Ilustrasi mengecat dinding rumah. SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi mengecat dinding rumah.
Sedikit cat bisa sangat membantu meningkatkan suasana rumah sewaan, tetapi Anda akan sering terjebak mengecat ulang dinding sebelum pindah, kecuali bila mengorbankan deposit Anda.

"Anda bisa mengecat dinding selama siap untuk mengembalikannya ke warna aslinya saat pindah," jelas Roeder.

Rachman merekomendasikan menggunakan wallpaper jika tidak ingin berurusan dengan pekerjaan cat. Ia juga menyarankan berinvestasi dalam karya seni yang dapat dibawa untuk menghidupkan dinding.

"Jika potongan besar berbingkai terlalu mahal, coba gantung karpet atau banyak karya seni yang lebih kecil bersama-sama untuk membuat dinding galeri agar terlihat serupa," ucapnya. 

Baca juga: 10 Cara Mendekorasi Dapur di Rumah Kontrakan 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.