Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2022, 16:24 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang lebih memilih mengecat pintu rumah alih-alih menggantinya untuk menyegarkan kembali tampilannya, terutama jika material pintu masih mulus dan kokoh.

Ketika mengecat pintu sebuah ruangan di dalam rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, dari ragam peralatan yang dibutuhkan, warna, hingga bahan cat yang cocok dengan material pintu.

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu Kamar Mandi Menghadap Kamar Tidur dan Dapur, Kenapa?

Tentunya, kamu tidak ingin pintu interior menjadi rusak akibat mengecatnya secara asal-asalan sehingga membuat mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan. 

Disadur dari Bob Vila, Senin (15/8/2022), ada beberapa tips mengecat pintu interior rumah yang perlu diketahui agar hasilnya bagus sebagai berikut.

Perhatikan cat yang digunakan sebelumnya

Ilustrasi pintu rumah.SHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi pintu rumah.

Jika menggunakan pintu interior rumah berwarna, cari tahu jenis cat apa yang digunakanprodusen. Caranya hanya menggunakan kain lap yang dilembapkan dengan alkohol, lalu gosokkan ke pintu.

Jika cat berpindah ke lap, pintu telah dicat menggunakan produk berbasis lateks sehingga tidak perlu menggunakan cat primer terlebih dulu. 

Apabila tidak ada cat yang berpindah ke lap, pintu telah dicat menggunakan produk berbasis minyak. Walhasil, gunakan cat primer terlebih dulu.

Baca juga: 4 Warna Cat Terbaik untuk Pintu Interior

Pertimbangkan warna yang mengejutkan

Biasanya, pintu dicat dengan rona warna yang selaras dengan dinding di sekitarnya. Namun, desainer interior saat ini menggunakan pintu interior untuk memperkenalkan warna aksen yang tidak biasanya.

Mereka dapat memberi dampak tersendiri pada suatu ruangan. Cara ini dapat bekerja dengan baik jika pintu memiliki model yang unik.

Pilih jenis finishing yang tepat

Ilustrasi pintu rumah.SHUTTERSTOCK / Archi_Viz Ilustrasi pintu rumah.

Noda sidik jari dan kotoran dapat terlihat di pintu rumah, khususnya ruangan dengan lalu lintas manusia tinggi.

Karena itu, pilih finishing jenis gloss atau semi-gloss agar permukaan pintu lebih mudah dibersihkan dengan cara mengelapnya. 

Baca juga: 4 Aturan Feng Shui untuk Pintu Masuk Rumah yang Menghadap ke Barat

Pilih warna kusen yang tepat

Jika mengecat pintu rumah dengan warna putih atau netral lainnya, gunakan warna yang sama pada kusen pintu. Jika pintu dicat dengan warna yang lebih gelap, padukan dengan kusen berwarna off-white atau netral.

Bila ingin menggunakan warna lebih gelap, cat kusen pintu terlebih dulu. Diamkan hingga benar-benar kering atau minimal 24 jam sebelum dilindungi dengan painter’s tape, lalu cat pintu interior. 

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Energi Positif di Pintu Masuk Rumah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Bob Vila
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com