Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2022, 11:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat dinding warna merah sering dikaitkan dengan warna yang dapat membuat seseorang nafsu makan dan dapat memberikan energi yang ceria di dalam sebuah ruangan.

Akan tetapi, untuk mengaplikasikan warna cat dinding merah ini akan lebih sulit daripada warna cat lainnya. 

Dilansir Apartment Therapy, Senin (1/8/2022), Joe Perry, seorang pelukis profesional dan pemilik Varsity Painters di Minneapolis, mengatakan ada alasan mengapa warna merah sangat sulit untuk dikerjakan, tetapi itu tidak berarti Anda harus mengesampingkan warna sepenuhnya. Dengan kiat-kiatnya, Anda akan mengaplikasikan cat ini dalam waktu singkat.

Baca juga: Cara Mengetahui Cat Lateks Masih Bagus atau Tidak

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi dapur dengan nuansa warna merah.

1. Pilih cat dengan warna dasar merah

Meskipun banyak perusahaan cat memberikan terlalu banyak warna ke dasar berminyak, beberapa memang membuat cat merah dengan dasar merah yang sebenarnya. Sehingga, pilih cat dengan dasar warna merah. 

2. Gunakan primer abu-abu

Menggunakan primer putih di bawah cat merah dapat menghasilkan warna merah muda. Untuk mendapatkan warna merah gelap yang Anda inginkan, Perry merekomendasikan untuk menggunakan primer yang lebih gelap.

Menggunakan primer abu-abu akan melakukan dua hal. Pertama, Anda akan menggelapkan dinding karena begitu banyak dinding yang cukup terang, dan kedua, itu akan menutup dinding sehingga lapisan akhir Anda akan terlihat lebih merata dalam hal kemilau dan konsistensi warna.

Jika Anda tidak menutup dinding batu lembaran berpori dengan benar, Perry mengatakan akan menyebabkan ketidakrataan sangat terlihat dengan warna gelap.

Baca juga: 4 Cara Mencerahkan Ruangan Tanpa Menggunakan Cat

3. Gunakan sapuan kuas dengan stik roller

"Dengan warna gelap seperti merah, Anda harus menggunakan sapuan kuas sesedikit mungkin karena mereka akan memberikan hasil secara berbeda dari yang diinginkan roller," ungkap Perry.

Setelah mengecat jendela dan merapikannya dengan kuas cat, Perry mengatakan untuk mengambil roller terkecil yang dapat Anda temukan, dan oleskan sedekat mungkin dengan tepi bingkai jendela dan rapikan sebanyak mungkin. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com