Kompas.com - 07/07/2022, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas rutin dipakai oleh pemilik rumah untuk menyimpan makanan dan minuman.

Namun, banyak pemilik kulkas tidak memerhatikan keadaan kulkasnya, sehingga mereka tidak menyadari jika kulkas sudah mulai mengalami kerusakan. Ketika kulkas rusak, akan menunjukan gejalanya. 

Akan tetapi, dilansir Hunker, Kamis (7/7/2022) terkadang, rusak atau tidak, kulkas akan mengeluarkan suara seperti dentingan, dengungan, atau ketukan, yang terakhir ini adalah hal yang biasa.

 

Baca juga: Mengapa Kulkas Tidak Boleh Diisi Terlalu Penuh?

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas

Jika freezer atau kulkas mengeluarkan suara ketukan, kemungkinan besar disebabkan oleh kompresor, kipas kondensor, atau kipas evaporator yang rusak.

Kemungkinan penyebab suara benturan 

Dalam kebanyakan kasus, suara benturan atau ketukan berulang yang berasal dari kulkas Anda dapat dikaitkan dengan kompresor atau, lebih tepatnya, kipas kondensor.

Kondensor adalah bagian yang mengembunkan refrigeran yang mendinginkan alat Anda, sedangkan kipas yang terletak tepat di sebelahnya, mendorong udara melalui kondensor agar cairan pendingin dapat bersirkulasi.

Anda mungkin mendengar suara benturan jika kipas kondensor Anda padam, dan biasanya terdengar seperti berasal dari bagian belakang kulkas, menurut Peach Appliance Repair. 

Baca juga: Ingin Meletakkan Kompor dan Kulkas Bersebelahan? Perhatikan 3 Hal Ini

Kemungkinan penyebab lain dari kulkas  atau freezer mengeluarkan suara benturan keras adalah kipas evaporator. Kipas ini berada di panel di dalam freezer dan dirancang untuk mendorong udara dingin dari freezer ke kulkas.

Jika Anda mendengar suara ketukan dan juga menyadari bahwa kulkas atau freezer tidak senormal biasanya atau Anda melihat makanan cepat busuk, kipas evaporator mungkin menjadi penyebabnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.